Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Tanpa Disadari 5 Hal Ini Bisa Bikin Bibir Pecah-pecah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 26 Januari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Faktor cuaca, kesehatan tubuh, pemakaian kosmetika kurang tepat, dan beberapa hal kecil tanpa disadari bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa juga menjadi tanda kekurangan vitamin, infeksi jamur, atau pemakaian efek obat-obatan tententu.

Setidaknya ada lima hal yang menyebabkan bibir terasa kering dan pecah-pecah. Beberapa di antaranya merupakan hal kecil yang tanpa disadari sering dilakukan.

  1. Sering Menjilat Bibir

Ketika bibir terasa kering, tanpa disadari kita jadi lebih sering menjilat bibir untuk membuatnya lembap. Ternyata, “Air liur bisa menghilangkan kelembapan alami kulit bibir dan membuat permukaan bibir bertambah kering,” tutur Dr. Y. Claire Chang, dermatologis Union Square Laser Dermatology pada HuffPost.

Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group, New York menambahkan, “Air liur mengandung enzim yang efektif membantu mencerna makanan. Jika enzim ini berulang kali dioles pada kulit bibir akan membikin kering dan pecah-pecah.”

  1. Mencuci Muka Dengan Air Hangat

Saat kita mencuci muka dengan air yang terlalu hangat tentu akan mengenai kulit bibir. Inilah yang membuat kulit bibir lebih mudah kering. “Air hangat menghilangkan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit,” ujar Nazarian.

Baca juga: 8 Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Kulit Bebas Noda

  1. Paparan Matahari

Sinar matahari bisa membuat kulit bibir yang sensitif lebih mudah kering dan teriritasi. Jadi jangan lupa gunakan lip balm ber-SPF untuk memproteksi kulit bibir.

  1. Lip Balm Berparfum

Para dermatologis sepakat, parfum pada lip balm justru bisa mengiritasi kulit bibir dan meningkatkan risiko bibir pecah-pecah. Saran Nazarian, “Lebih baik pilih lip balm yang mengandung lanolin atau beeswax tanpa tambahan parfum atau pewarna.”

Baca juga: Bahan Alami Atasi Bibir Kering dan Hitam

  1. Bahan yang Mengiritasi

Baca kandungan bahan sebelum kamu membeli lip balm.  Hindari bahan salicylic acid, menthol, peppermint, atau cinnamic aldehyde ( zat rasa pada kayu manis yang bisa mengiritasi kulit sensitif).

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi