There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Tak Ada Kata Terlalu Tua Untuk Memulai Bisnis, Ini Alasannya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 29 Januari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Betulkah hanya mereka yang memulai bisnis di usia muda yang sukses? Ternyata usia bukanlah faktor utama yang menentukan perjalanan sebuah bisnis.

Memulai bisnis di usia 40 bahkan 50 tahun tak berarti peluang sukses menjadi menipis. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa memulai bisnis di usia yang sudah tidak muda lagi memiliki peluang sukses yang lebih besar. Berikut alasan-alasannya.

1. Kenyang pengalaman hidup

Ya, pengalaman hidup seseorang menjadikannya lebih matang, sabar, dan mau mengikuti step by step proses membangun sebuah bisnis. Di usia ini orang lebih memahami pentingnya hal-hal fundamental dalam bisnis seperti membuat business plan atau merencanakan budget dengan matang dan teliti.

2. Kenal lebih banyak orang

Di usia 40 atau 50 tahun, seseorang pasti memiliki lebih banyak teman, kolega, atau jejaring (network). Apalagi jika sebelumnya ia bekerja sebagai karyawan atau pimpinan perusahaan.

Bisnis baru butuh jejaring untuk berkembang dan jejaring yang sudah dimiliki (sebagian orang membangun dan merawat jejaring untuk persiapan membuka bisnis sendiri) akan sangat membantu perkembangan bisnisnya.

Baca juga: 10 Kelebihan Perempuan Dalam Berbisnis

3. Paham soal target dan tujuan

Menentukan target atau tujuan merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis. Nah, pengalaman hidup akan membantu menjaga agar kita tetap objektif dalam menjalankan bisnis. Meskipun banyak inovasi yang harus dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan produktif namun tujuan awal tetap bisa dipertahankan.   

4. Lebih ramah investor

Menurut entrepreneur.com, banyak pemilik modal besar yang lebih mencari pengusaha yang lebih matang dan berpengalaman untuk menjalankan bisnis. Investor yang berpengalaman biasanya oportunis, dan dengan mengambil pengusaha yang bijak dan lebih matang, mereka lebih nyaman berinvestasi.

| SHUTTERSTOCK

5. Punya passion

Banyak anak muda yang memulai bisnis tanpa tahu passionnya apa. Bisa jadi ini karena mereka tak punya banyak waktu untuk mengenali passion mereka yang sebenarnya.

Richard Branson, pendiri raksasa bisnis Virgin Group, mengatakan, “Passion adalah motivator utama ketika mau membuat bisnis.” Pebisnis yang lebih tua biasanya lebih tahu passion mereka.

6. Aman secara finansial

Meski bukan faktor utama, modal seringkali menjadi kendala saat hendak memulai bisnis. Orang-orang yang lebih tua biasanya memulai bisnis dengan modal cukup dan tidak diganggu lagi oleh pengeluaran-pengeluaran lain seperti biaya sekolah anak, kredit rumah, kredit mobil dan lain-lain. Kebanyakan mereka sudah menyiapkan modal khusus untuk memulai bisnis.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro