Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

6 Sebab Bau Mulut Pada Anak

author
Hasto Prianggoro
Senin, 4 Februari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Bayi dan anak-anak pun ternyata bisa menderita bau mulut, lo. Ya, bau mulut Emang bisa dialami semua usia, meskipun pada anak batita agak tidak biasa.

 

1. Mulut kering

Jika si Kecil terpaksa bernapas melalui mulut karena hidungnya tersumbat, maka mulut akan kering dan bakteri penyebab bau mulut akan berkembang. Kebiasaan anak mengisap jari juga membuat mulut jadi kering.

2. Kesehatan mulut jelek

Kesehatan mulut tidak dijaga, tidak rajin menggosok gigi, sisa makanan tidak dibersihkan atau gigi berlubang juga bisa mengakibatkan bau mulut. Bakteri-bakteri yang ada di rongga mulut akan bereaksi terhadap sisa makanan yang terselip di antara gigi. 

Baca juga: Kesepian Bisa Bikin Pendek Umur, Begini Cara Mengatasinya

3. Benda di hidung

Anak usia dini seringkali memasukkan benda-benda kecil di dalam lubang hidung, misalnya kacang atau mainan. Akibatnya, anak akan bernapas melalui mulut sehingga mulut jadi kering dan menyebabkan bau mulut.

4. Makanan tertentu 

Beberapa jenis makanan memang bisa membuat bau mulut jadi tajam, misalnya bawang putih, bawang bombai, atau keju. Biasanya, bau mulut akibat makanan seperti ini hanya sementara dan akan cepat hilang.

| SHUTTERSTOCK

5. Gangguan kesehatan

Gangguan kesehatan seperti sinus, gastroesophageal reflux (GERD), atau alergi musiman juga bisa menyebabkan bau mulut.

6. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu ternyata juga membuat mulut jadi bau tak sedap. Ini terjadi  karena terjadinya proses pemecahan zat kimia pada obat yang menyebabkan bau mulut.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro