Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Anna Kendrick Kena Batu Ginjal, Ini Gejalanya

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 6 Februari 2019 | 19:28 WIB
| marieclaire.co.uk

Lewat beberapa cuitannya di Twitter, bintang film Hollywood Anna Kendrick menyampaikan bahwa ia harus dilarikan ke rumah sakit akibat batu ginjal. Sebelumnya, ia sempat mengabaikan gejala-gejala yang ia rasakan.

 

“Saya khawatir rasa nyeri itu tidak serius,” kata artis 34 tahun ini sambil tak lupa mengucapkan terima kasih kepada dokter dan staf medis rumah sakit yang merawatnya. Belum diketahui apakah artis kelahiran 1985 yang dikenal lewat Pitch Perfect dan Twilight Saga ini sudah pulang dari RS atau belum.

“Aku baru merhatiin sakitnya awal bulan lalu. Tadinya kupikir tak ada yang serius,” lanjut Anna yang menyerah setelah 4 hari tak bisa bangun akibat batu ginjal yang sudah mengendap lama di dalam ginjalnya. Menurut penelitian yang dimuat di The Clinical Journal Of Pain, salah satu faktor yang memengaruhi perempuan untuk tidak segera berobat adalah karena mereka merasa mampu mengatasinya dan takut merepotkan orang lain. Tetapi, menunda pergi ke dokter bisa berdampak serius, apalagi untuk kasus batu ginjal.

| Twitter.com
Seiring waktu, batu ginjal akan bertambah besar, bahkan ada yang seukuran bola golf. Jika ukurannya masih sekecil pasir, batu ginjal bisa keluar melalui urin. Namun jika ukurannya sudah besar, ia akan menyumbat saluran kencing dan mengakibatkan pembengkakan dan rasa nyeri yang luar biasa.

Tidak ada satu penyebab pasti, tetapi dehidrasi, tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas disebut bisa mempertinggi resiko seseorang menderita batu ginjal. Batu ginjal biasa dialami perempuan (1 di antara 10 perempuan mengalami batu ginjal) dan mudah disembuhkan melalui operasi. Namun, deteksi dini tetap penting karena batu ginjal yang makin membesar bisa menyebabkan komplikasi.

| shutterstock
Apa saja gejala batu ginjal? Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa gejala batu ginjal antara lain nyeri hebat di bagian samping dan punggung di bawah tulang rusuk, pangkal paha atau sekitar organ intim, nyeri saat buang air kecil, sakit perut, mual dan bahkan muntah. Urin terkadang berwarna merah karena darah akibat gesekan batu ginjal dengan dinding saluran kencing. Penderita juga akan lebih sering uang air, urin sedikit, keruh dan berbau tak sedap. Kadang-kadang batu ginjal disertai demam.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro