There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

8 Tanda Hubungan Tak Sehat

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 7 Februari 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kata orang, cinta itu aneh dan terkadang membutakan. Bahkan seseorang masih juga acuh ketika tanda-tanda hubungan tak sehat tampak jelas di mata. Delapan tanda di bawah ini menunjukkan bahwa hubunganmu dengan dia tak sehat dan sebaiknya diakhiri.

 

1. Dia melakukan kekerasan verbal dan fisik. Ketika kamu tanya apa sebabnya dia melakukan kekerasan, dia bilang tidak ada ada-apa tapi terus saja melakukan kekerasan. Ini adalah hubungan yang tak sehat dan harus segera dicarikan jalan keluarnya.

2. Dia cenderung memiliki perilaku maniak. Suatu saat dia marah hanya karena persoalan sepele, tapi di saat lain dia menunjukkan perasaan cintanya dengan kalimat-kalimat indah. Kepribadian yang tak stabil seperti ini jelas merupakan bukti hubungan yang tak sehat.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

3. Dia membuat joke menyakitkan tentang kamu, tetapi tidak menunjukkan wajah bersalah. Dia bilang hanya bercanda dan kamulah yang terlalu sensitif. Ini jelas merupakan bentuk pembullyan secara emosional.

4. Semua aktivitas dan kehidupanmu dikontrol oleh dia. Harus minta izin setiap kali akan melakukan sesuatu atau pergi, misalnya. Ini jelas hubungan yang tak sehat untuk pasangan yang sudah sama-sama dewasa.

5. Kamu merasa ketakutan setiap kali akan melakukan sesuatu. Membuka ponsel pun ketakutan bakal dia ketahui dan ditanya macam-macam. Kamu seolah tak punya kekuatan untuk melawan semua tindakan dan omongannya, meski pun dia salah atau keliru.

| SHUTTERSTOCK
6. Kamu merasa selalu kelelahan dan capek tanpa sebab yang jelas. Hubungan yang sehat semestinya membuat pasangan bahagia dan selalu merasa nyaman, bukannya malah membuat pikiran tertekan dan stres.

7. Dia tak pernah mau bertanggung jawab, bahkan saat jelas-jelas mereka keliru. Jangankan berharap ucapan maaf, yang ada justru dia menyalahkan kamu dan tidak mau menerima masukan.

8. Kamu selalu memaafkan semua perbuatannya, khususnya di depan keluarga dan sahabat. Tanpa sadar, kamu berupaya menutup-nutup keburukannya. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro