You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Ingin Rambut Tumbuh Lebih Cepat, Ikuti 7 Cara Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 8 Februari 2019 | 20:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Faktor usia dan lingkungan hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang membuat rambut mudah rontok dan menipis. Atasi dengan 7 cara berikut ini agar rambut tumbuh lebih cepat.

Kebanyakan orang mengalami kerontokan rambut normal rata-rata 50-100 helai per hari. Tetapi faktor lain, seperti usia dan lingkungan, bisa membuat kerontokan rambut semakin parah.

“Salah satu penyebab rambut menipis adalah usia. Saat perempuan memasuki usia menopause, hormon estrogen dan progesteron semakin berkurang. Rambut lebih mudah terpengaruh oleh hormon androgen (testosteron) yang membuat rambut lebih tipis dan tumbuh lebih lambat,” terang Erum Ilya, MD, dermatologis Montgomery Dermatology, Pennsylvania.

Beberapa kondisi autoimun juga bisa menyebabkan rambut menipis dan peradangan pada dasar folikel rambut. Faktor lainnya, diet tak sehat, sakit parah, pembedahan, stres, flu, perjalanan panjang, dan sebagainya.

Baca juga: Ini List Makanan yang Baik dan Buruk Untuk Rambut

“Diet yang tidak tepat mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral, seperti zat besi dan vitamin B12, yang berefek pada menipisnya rambut,” tambah Ilya yang juga membeberkan beberapa solusi untuk membuat rambut kamu tumbuh lebih cepat dan kembali tebal.

1.Gunakan suplemen rambut.

Pilih yang mengandung ekstrak botani dan Biotin, vitamin B yang bisa memicu pertumbuhan rambut.

2.Lakukan diet seimbang.

Konsumsi makanan yang mengandung asam amino, seperti kacang-kacangan, daging merah, daging unggas, quinoa, brokoli. Asam amino menstimuli produksi keratin dan kolagen untuk pertumbuhan rambut. Konsumsi juga protein, zat besi, vitamin A, B, dan D, omega 3, selenium, zinc, magnesium.

3.Hindari stres.

“Tanpa stres, sebanyak 80% rambut kita tumbuh optimal. Stres membuat folikel rambut lebih sedikit yang terstimulasi untuk tumbuh,” jelas Ilya yang menyarankan kegiatan relaksasi, meditasi, yoga atau lainnya untuk mengurangi stres.

Baca juga: 6 Tren Gaya Rambut 2019, Mana yang Cocok Buat Kamu?

4.Gunakan humidifier.

Udara kering membuat rambut rontok dan mudah rusak. Dengan menggunakan humidifier, rambut lebih terjaga kelembapannya sehingga kulit kepala bisa meproduksi minyak alami untuk merawat kesehatan folikel rambut.

5.Batasi styling tools.

Suhu panas yang dihasilkan dari styling tools, seperti hairdryer, catok, curling iron, merusak tekstur dan akar rambut. Rambut jadi lebih mudah rusak dan terlihat semakin tipis. Jika tidak perlu, hindari ya. 

6.Kurangi pemakaian dry shampoo.

Banyak orang memakai dry shampoo pada kulit kepala dan membiarkannya berhari-hari sebelum akhirnya keramas. Ini membuat folikel rambut tersumbat dan meradang sehingga pertumbuhan rambut terganggu.

7.Hindari terlalu sering keramas.

Kulit kepala memang dibersihkan rutin dengan cara keramas. Namun ternyata keramas terlalu sering, setiap hari bahkan dua kali sehari, bisa melukai kulit kepala. Apalagi jika kamu menggosoknya menggunakan kuku. Kerry Yates, pakar rambut Colour Collective menyarankan keramas dua hari sekali.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi