Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Obati Jerawat Sampai Kuku Kusam, Ini Aneka Manfaat Peppermint Oil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 14 Februari 2019 | 18:00 WIB
Face Oil | SHUTTERSTOCK

Bukan hanya aromanya yang enak menyegarkan, ternyata peppermint oil menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

  1. Mengobati Gatal

Dalam sebuah studi, responden yang mengidap gatal-gatal (pruritis) dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengoleskan peppermint oil pada bagian yang gatal untuk menghidrasi kulit. Sedangkan kelompok kedua menggunakan petrolatum. Hasilnya, kelompok pertama berhasil mengatasi rasa gatalnya.

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Penelitian pada hewan yang diberi 3% peppermint oil mengalami penebalan dermis, jumlah folikel, dan kedalaman folikel rambut.

  1. Sifat Antibakteri

Peppermint oil efektif membunuh 22 jenis bakteri dan 11 jenis jamur.

Peppermint Oil | Shutterstock

  1. Essential Oil Dengan SPF Tertinggi

Setiap hari dan di mana pun kamu butuh sunscreen untuk melindungi kulit. Ternyata, peppermint oil memiliki kandungan SPF tertinggi di antara essential oil lainnya. Namun bukan berarti kamu enggak butuh memakai sunscreen, ya.

Baca juga: 10 Essential Oil untuk Kecantikan

  1. Membuat Kuku Berkilau

Kuku kusam dan gampang patah? Oles rutin dengan peppermint oil yang bisa membuat kuku lebih kuat, terlihat berkilau serta mematikan jamur penyebab infeksi kuku.

  1. Mengatasi Jerawat

Menurut acne.org, peppermint oil dengan kemampuan anti-inflamasi membantu mengatasi jerawat.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi