For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

5 Langkah Perawatan Kulit Sensitif

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 22 Februari 2019 | 20:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menurut riset International Dermal Institute and Dermalogica, 8 dari 10 orang memiliki kulit sensitif. Bagaimana perawatan yang tepat?

1.Ganti Cleanser

Ketimbang gel cleanser, pilih formula cleansing milk untuk kulit sensitif. Jika kulit sensitif pada sebagian area, gunakan micellar water dengan pH seimbang.

2.Batasi Eksfoliasi

Hanya lakukan eksfoliasi maksimal satu kali dalam seminggu dan pilih eksfoliasi chemical.

“Salicylic acid, lactic acid, atau enzyme papain dari nanas dan papaya sangat bagus untuk eksfoliasi kulit sensitif,” papar Emma Hobson, Manajer Edukasi International Dermal Institute and Dermalogica.

Baca juga: 8 Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Kulit Bebas Noda

3.Pakai Masker

Coba gunakan clay mask untuk meredakan dan menghidrasi kulit sensitif. “Cukup 10 menit, dua kali seminggu,” tambah Hobson.

SHUTTERSTOCK |

4.Soothing Serum

Gunakan serum dengan kandungan anti-inflamasi dan menghidrasi kulit. Gunakan rutin agar kulit tidak mudah reaktif.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini 5 Cara Tepat Memakai Serum Vitamin C

5.Pilih Sunscreen

Kulit sensitif sebaiknya menggunakan physical sunscreen, yaitu sunscreen yang mengandung mineral aktif seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara memantulkan sinar tersebut dari permukaan kulit. Teksturnya lebih kental dan mudah terhapus sehingga kamu wajib mengoles ulang setiap dua jam atau setelah berkeringat.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi