Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Ini 6 Penyebab Long Distance Relationship Kandas

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 21 Februari 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Banyak pasangan yang membangun hubungan cinta meski tinggal berjauhan. Hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) ini rentan putus karena banyak sebab, meski tak sedikit pula yang sukses dan melaju ke jenjang pernikahan. Berikut ini 6 penyebab LDR tak berjalan mulus bahkan kandas.

 

1. Manusia berubah

Manusia dibentuk salah satunya oleh lingkungan. Jadi, hidup dan tinggal di sebuah wilayah yang berbeda seringkali membuat hidup terasa berbeda juga. Dan ini yang sering dialami pasangan yang menjalin LDR. 

2. Bertemu orang-orang baru

Manusia adalah makhluk sosial, jadi wajar saja bertemu dengan orang-orang baru, menjalin pertemanan, pergi keluar untuk makan atau melihat konser, dan sebagainya, sementara di ujung pulau sang kekasih menunggu panggilan video call. Dan tak menutup kemungkinan mereka bertemu lawan jenis yang membuat mereka tertarik, lalu pelan-pelan melupakan hubungan jarak jauh yang sudah mereka jalin sebelumnya.

| SHUTTERSTOCK

 

3. Merasa kesepian

Benar, komunikasi sekarang ini memang bukan masalah lagi. Kita bisa memakai aplikasi chatting atau video call untuk berkomunikasi. Namun, tetap saja ada saat-saat dimana yang terasa adalah kekosongan. Manusia membutuhkan kontak fisik dengan orang lain, jabatan tangan, pelukan, serta kehadiran orang yang mereka cintai. Nah, hal-hal semacam ini tak bisa muncul setiap hari saat kita menjalin LDR.

4. Makin sibuk dengan kehidupan masing-masing

Setiap pasangan memiliki kehidupan masing-masing, entah urusan pekerjaan, teman, keluarga, dan kehidupan sosial lain. Kesibukan ini lama kelamaan akan membuat pasangan yang tinggal terpisah ratusan kilometer menjadi makin terlupakan. Lupa menelepon, lupa kirim pesan, lupa tanggal ulang tahunnya, dan sebagainya.

Baca juga:  Dating Online, Ikuti 5 Tips Ini

5. Kemesraan kurang 

Sangat manusiawi, sih. Bagaimanapun, setiap orang butuh kehadiran fisik dan kemesraan dari pasangannya. Jika tidak, lama kelamaan pasti akan terasa ada yang kurang dan hubungan pun bisa jadi renggang, bahkan berakhir.

6. Mahal di ongkos

Bagaimana enggak mahal kalau untuk mendengar suaranya saja kita harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa. Belum lagi kalau janjian kencan di kota tempat dia tinggal. Belum lagi kalau pasangan tinggal di luar negri, makin bertambah pula anggaran yang harus dikeluarkan. Akibatnya, bisa jadi pasangan LDR enggak pernah bertemu secara fisik selama bertahun-tahun dan lama-lama tak lagi cinta.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro