We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Agar Awet dan Nyaman Dipakai, Ini 5 Cara Merawat Bantal

author
Isna Triyono
Selasa, 26 Februari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dipakai setiap hari membuat bantal menjadi tempat menumpuknya debu, bakteri, dan juga jamur.

Sebaiknya bersihkan bantal secara berkala agar bersih dan juga awet. Jika dibiarkan terlalu lama tidak dibersihkan, bantal akan mempengaruhi kesehatan si pemakainya.

Berikut cara merawat dan membersihkan bantal.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kasur Agar Tidur Nyenyak

1. Ganti Sarung Berkala

Keringat dan debu menempel pada sarung bantal. Oleh karena itu, ganti sarung bantal secara berkala, misalnya satu minggu sekali.

2. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jangan tinggalkan kebiasaan menjemur bantal di bawah sinar matahari seminggu sekali karena hal itu sangat baik untuk menghilangkan kelembapan dan debu yang menempel. Bolak-balik bantal agar semua sisi terkena sinar matahari dan jangan lupa untuk ditepuk menggunakan sapu atau batang rotan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Bantal Sofa

3. Cuci dengan Sabun Cair

Untuk bantal berisi sintetis, kamu bisa cuci dalam mesin cuci setiap 3 bulan sekali. Pastikan menggunakan hanya sabun cair, bukan bubuk yang bisa meninggalkan residu pada bantal dan kemudian bsia terhirup oleh kamu.

Baca juga: 5 Tips Memilih Bantal Sofa

4. Kering Sempurna

Jemur bantal hingga kering sempurna agar mengurangi kelembapan bantal saat dipakai. Bantal yang lembap akan jadi sarang jamur dan bakteri.

5. Tes Lipat

Bantal juga punya batas pemakaian. Lakukan tes lipat, yaitu melipat bantal menjadi dua. Jika bantal kembali ke bentul semula, itu tandanya masih layak digunakan. Tapi jika dilipat dua namun bantal tetap tertekuk, tandanya kamu harus beli bantal baru.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono