To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

5 Tips Memilih Bantal Sofa

author
Isna Triyono
Kamis, 21 Februari 2019 | 10:18 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu hal simpel membuat dekorasi rumah menjadi lebih indah dan cantik adalah dengan meletakkan bantal sofa atau cushion.

Pemilihan bantal sofa yang tepat bisa menjadi pusat perhatian dalam ruangan. Namun jika salah memilih, justru akan mengurangi estetika.

Agar tidak salah pilih, berikut tips memilih bantal sofa.

Baca juga: 6 Ide Buku Sebagai Hiasan Ruangan

1. Ukuran

Ukuran bantal hias biasanya 30 cm x 30 cm atau 40 cm x 40 cm. Sesuaikan ukuran bantal hias dengan ukuran dan model sofa. Untuk sofa besar atau 4-5 seat, sebaiknya pilih ukuran bantal sofa yang 40 cm x 40 cm.

Ukuran bantal sofa yang terlalu besar dibanding ukuran sofa akan membuat ilusi ruangan menjadi lebih sempit.

2. Jumlah

Jumlah bantal sofa juga harus disesuikan dengan ukuran sofa. Sebaiknya pilih jumlah yang ganjil, mislanya 3, 5 atau 7.

SHUTTERSTOCK |

3. Variasi Bentuk

Jika memungkinkan meletakkan bantal sofa dalam jumlah agak banyak, sebaiknya variasikan bentuknya. Misalnya bentuk kotak dan lingkaran dipadukan. Begitu juga ukurannya agar terlihat proporsional dan tidak ‘penuh’ dan ‘menumpuk’.

4. Warna

Memilih sarung bantal sofa juga harus mempertimbangkan warna ruangan secara keseluruhan agar harmonis. Jika elemen dalam ruangan misalnya sofa, wall décor, dan gorden sudah terlalu ramai, sebaiknya pilih sarung bantal yang polos.

Jika sofa berwarna netral, kamu bisa lebih bebas memilih warna dan motif sarung bantal. Misalnya kamu bisa memilih sarung dengan warna dan corak yang ‘lebih ramai.’

Baca juga: Tips Dekorasi Untuk Kamar Mandi Mungil

SHUTTERSTOCK |

5. Bahan yang Baik

Bahan bantal sofa yang baik biasanya akan terasa empuk ketika dipegang, lembut, dan kenyal. Agar tetap dalam kondisi prima, tidak disarankan untuk mencuci isi bantal sofa. Kamu hanya perlu menjemurnya di bawah matahari dan menepuk-nepuk dengan sapu lidi untuk menghilangkan debunya.

Proses mencuci dengan mesin bisa mempercepat bantal sofa menjadi kempes dan kaku.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono