Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

6 Tips Agar Tetap Cantik dan Sehat

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 8 Maret 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Agar tetap terlihat sehat dan cantik, perempuan harus memilih gaya hidup sehat. Berikut ini 6 hal kecil yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan penampilan.  

 

1. Pola makan sehat

Kurangi makanan yang kaya kalori, gula, garam, dan lemak. Konsumsi buah dan sayur, kurangi makanan-makanan siap saji, pilih gandum dan makanan-makanan yang kaya serat. Sertakan diet produk olahan susu rendah lemak. Perempuan dewasa butuh sekitar 800 hingga 1500mg kalsium setiap hari untuk mencegah osteoporosis. Pola makan sehat akan membantu menjaga berat badan ideal sehingga lebih kecil risiko terkena berbagai penyakit. 

2. Olahraga jangan ketinggalan

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian pada perempuan. Nah, olahraga rutin akan membantu mencegah penyakit jantung. Cukup 30 menit per hari, 5 hari seminggu. Olahraga aerobik seperti berjalan, berenang, jogging, bersepeda, atau menari sangat baik bagi kesehatan jantung.

| SHUTTERSTOCK
3. Cegah kanker kulit

Paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan kanker kulit yang mematikan. Untuk mencegah kanker kulit, gunakan sunscreen yang mengandung SPF (sun protection factor) paling tidak 15, khususnya jika hendak bepergian outdoor lebih dari satu menit. Jangan lupa rajin mengecek kesehatan kulit meskipun sudah memakai sunscreeen. Beberapa tanda kanker kulit yang patut diwaspadai antara lain adanya perubahan bentuk, ukuran, ataupun warna kulit.

 

Baca juga: Hentikan Hobi Menggigit Kuku Dengan 5 Cara Ini

 

4. Hindari stres

Perempuan lebih rentan mengalami tekanan yang memicu stres atau depresi. Luangkan waktu untuk rileks dan menenangkan diri setiap hari karena kesehatan mental sangat penting. Selain relaksasi, olahraga maupun meditasi juga bisa membantu mencegah atau mengelola stres yang muncul.

5. Pemeriksaan mammografi rutin

Salah satu penyakit yang menjadi momok kaum perempuan adalah kanker payudara. Lakukan pemeriksaan mammografi rutin, khususnya pada perempuan yang sudah memasuki usia 40 tahun, dan waspada jika muncul perubahan pada payudara seperti bentuk maupun warna. Mammografi merupakan cara paling efektif untuk mendeteksi kanker payudara stadium awal. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro