Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Ini Cara Heidi Klum Mengajarkan Empati Kepada Anak-Anaknya

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 7 Maret 2019 | 14:00 WIB
| Heidi dan keempat anaknya | ©Said Elatab/MEGA

 

Meski berstatus supermodel dunia, Heidi Klum ternyata adalah seorang ibu yang sangat memperhatikan perkembangan anak-anaknya.

 

Di layar kaca dan di depan penggemarnya, Heidi Klum selalu tampil cantik dan gemerlap. Bahkan, ia rela merogoh kocek jutaan dolar untuk perawatan dan penampilannya. Namun, di luar statusnya sebagai selebriti dan supermodel, ibu 4 anak berusia 44 tahun ini ternyata ibu biasa yang tak pernah alpa mencurahkan kasih sayang kepada anak-anaknya. Ia juga selalu mengajarkan keempat anaknya pentingnya bersikap rendah diri, berempati, dan dermawan, dan di sisi lain memberikan apresiasi kepada anak-anaknya. 

“Semua itu harus diawali dari komunikasi,” kata mantan istri penyanyi Seal ini kepada People. “Setiap malam saya selalu mengajak mereka ngobrol. Kami makan malam, memasak, dan sarapan bersama. Buat saya, duduk melingkari meja makan bersama dan membicarakan berbagai masalah dan cerita itu sangat penting untuk membangun hubungan orangtua-anak,” kata host reality show The Project Runaway ini. 

| Heidi dan putrinya, Leni | ©XactpiX/Splash News
Heidi tak segan memasak sendiri sup kesukaan keempat anaknya, yaitu Leni (12), Henry (11), Johan (9), dan Lou (7). Heidi juga selalu menceritakan pengalaman sehari-harinya kepada anak-anaknya. Misalnya, pengalamannya mengunjungi pasien AIDS anak-anak.

“Saya ceritakan kepada anak-anak apa yang saya lihat dan rasakan agar mereka bisa berempati dan tahu bahwa ada anak-anak yang kurang beruntung di luar sana,” lanjut perempuan yang tak ingin anak-anaknya terjun ke dunia supermodel maupun artis seperti dirinya. Ia lebih memilih anak-anaknya fokus pada studi. 

Itu sebabnya, ketika anaknya menangis mendengar ceritanya, Heidi tak canggung untuk menenenangkan dan menjelaskan kondisi pasien anak-anak tersebut. “Saya katakan bahwa anak-anak yang dirawat di RS tersebut tidak bisa pulang, sementara kalian di rumah bisa merayakan Natal dan mendapat hadiah,” kata aktris yang aktif membantu di Elizabeth Glaser Pediatric AIDS Foundation, yang bergerak di bidang pencegahan AIDS bagi anak-anak, perempuan dan keluarganya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro