If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

10 Tips Bikin Bisnis Jastip

author
Isna Triyono
Senin, 11 Maret 2019 | 10:09 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bisnis jastip terbilang jenis bisnis yang bisa dijalankan oleh siapa saja.

Kamu pun bisa memulai bisnis jastip saat ini. Nah, sebelum memulainya, simak tipsnya dari Faza Fairuza Azzahra (Fay Faza) owner jastip @ayoknitip.

Faza memulai bisnis jastip dari tahun 2016. Selain jastip untuk event tahunan seperti Big Bad Wolf, Faza juga pernah membuka jastip dari Jepang, Malaysia, dan Singapura.

1. Suka belanja

Harus doyan belanja karena kita belanjain barang orang lain yang banyak. Jadi harus suka belanja.

2. Service lebih

Misalnya dengan mempacking barang jastip dengan rapi dan menarik. Beri rekapan total yang harus dibayar setelah semua sudah dipacking rapi dan harga ongkir diketahui agar tidak bolak-balik ada penambahan biaya.

Baca juga: 5 Aplikasi Penunjang Bisnis Online

SHUTTERSTOCK |

3. Sabar

Tipe customer beraneka ragam. Ada yang cara penyampaian mereka terkesan kurang sopan atau bertele-tele, hadapi dengan sabar, jangan baper.

4. Kepercayaan

Bisnis jastip juga harus berdasarkan kepercayaan. Jika service kita memuaskan dan bisa menjaga kepercayaan customer, mereka enggak akan sungkan membantu promosi dari mulut ke mulut.

5. Anggap Seperti Teman

Saat melayani customer, bangun suasana santai seperti sedang berbicara dengan teman. Jika mereka nitip sesuatu, tawarkan juga alternative yang lebih bagus misalnya, seperti saran seorang teman.

6. Rajin Bikin Give Away, Quiz, atau Game

Manjakan customer dengan rajin bikin give away, quiz atau game yang berhadiah menarik.

7. Bikin Feed Menarik

Berikan gambar dengan kualitas bagus dan angel foto yang membuat barang semakin terlihat menarik minat untuk dibeli.

8. Pelayanan Cepat dan Ramah

Jika member grup whatsapp sudah mulai banyak, sebaiknya sediakan admin khusus yang in-charge agar chat customer bisa cepat direspon. Kecepatan merespon chat dari customer bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Baca juga:  Menentukan Harga Jual, Ini 5 Tipsnya

SHUTTERSTOCK |

9. Aturan Jelas

Untuk di grup whatsapp, beri aturan yang jelas untuk pelanggan yang hit n run. Misalnya jika lebih dari satu kali hit n run, konsekuensinya dikeluarkan dari grup.

10. Bangun Support System yang Baik

Bisnis jastip bisa dijalankan dari rumah. oleh karena itu, komunikasikan dengan support system di rumah atau orang-orang terdekat soal, misalnya kamu akan lebih sering menatap layar laptop atau hape untuk membalas chat customer.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono