Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

5 Aplikasi Penunjang Bisnis Online

author
Isna Triyono
Jumat, 1 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menjalankan bisnis online akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang bisa kamu download secara gratis.

Berikut ini 5 aplikasi yang bisa menunjang bisnis online-mu.

1. Financial – Money Lover

Urusan keuangan tentu sangat penting bagi kelancaran suatu bisnis. Salah satu aplikasi yang bisa membantumu mengatur keuangan bisnis online adalah Money Lover.

Baca juga:  Menentukan Harga Jual, Ini 5 Tipsnya

Kamu bisa langsung memasukkan semua transaksi berdasarkan kategori yang bisa kamu tentukan sebelumnya. Hasil akhir pencatatan tadi, Money Lover akan memberikan catatan pembukuan bisnis kamu sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran yang sudah kamu masukkan berdasarkan kategori tadi.

SHUTTERSTOCK |

2. Note – EverNote

Menjalankan bisnis tentu banyak hal yang harus dicatat dan disimpan. Misalnya jenis barang yang disorder, ide pemasaran, atau alamat pembeli.

Agar praktis, kamu bisa meng-install aplikasi EverNote. Kamu bisa mencatat semua hal yang penting di sini. Selain teks, kamu juga bisa menyimpan foto atau suara dalam catatan tadi sekaligus.

3. Pelacak Resi – RESTA

Bisnis online rasanya enggak bisa lepas dari ekspedisi. Nah aplikasi RESTA ini bisa membantu kamu melacak nomor resi dan mengecek biaya ongkos kirim dari berbagai ekspedisi untuk berbagai daerah.

Hampir semua ekspedisi bisa kamu lacak resi dan biaya ongkirnya di RESTA.

SHUTTERSTOCK |

4. Editor Foto – Snapseed

Sangat penting untuk mengatur feed di akun Instagram bisnismu agar menarik perhatian calon pembeli. Salah satunya adalah dengan menampilkan foto produk jualanmu yang bagus dan indah.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Lebih Baik Memulai Bisnis Saat Masih Jadi Karyawan

Untungnya, saat ini sudah sangat banyak aplikasi editor foto yang bisa kamu install. Salah satunya Snapseed, yang dikembangkan oleh Google.

Semua fitur dasar editing seperti filter, kecerahan, rotasi, dan lain-lain ada di aplikasi ini sangat mudah menggunakannya.

SHUTTERSTOCK |

5. Management Media Sosial – Hootsuite

Bisnis online sangat penting memiliki berbagai akun di berbagai media sosial. Untuk memudahkan kamu meng-upload satu foto untuk berbagai media sosial, kamu bisa meng-install aplikasi Hootsuite.

Aplikasi ini memungkinkan kamu menjadwalkan satu postingan ke dalam berbagai media sosial sekaligus. Selain itu, kamu juga menjadwalkan kapan postingan itu di-upload di media sosial.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono