Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati.
Susi Pudjiastuti

7 Tanda Milenial Siap Membangun Bisnis Sendiri

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 12 Maret 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Membuka usaha sendiri bukan perkara mudah. Tetapi jika kamu merasa gelisah karena tak puas dengan posisi sebagai karyawan saat ini, pengin mengubah hidup secara drastis, atau bermimpi memiliki toko sendiri, bisa jadi sekaranglah saatnya membuka bisnis. Apa lagi tanda-tanda kamu siap membuka bisnis sendiri? 

 

1. Punya passion

Entrepreneur dan pebisnis selalu memiliki passion terhadap apa yang mereka kerjakan dan akan mereka lakukan. Mereka akan melakukan segala hal yang mungkin untuk mewujudkan passion mereka menjadi produk atau jasa yang bisa dinikmati orang banyak.   

2. Independen

Apakah kamu seorang problem solver yang selalu ingin membereskan semua masalah sendiri? Jika ya, bisa jadi sudah saatnya kamu membuat atau mendirikan usaha sendiri. Salah satu ciri entrepreneur adalah independen menentukan strategi dan mencari solusi. Bayangkan jika suatu ketika bisnis mengalami kemandegan dan kamu tak bisa membuat terobosan sendiri?

 

Baca juga: 3 Hal Ini Harus Diperhatikan Entrepreneur Milenial Sebelum Membangun Bisnis

 

3. Punya motivasi kuat

Banyak orang yang harus diberi dorongan untuk mengerjakan sesuatu. Nah, seorang entrepreneur sejati akan selalu bangun dengan penuh motivasi untuk mengerjakan apa yang harus dikerjakan. Jika self-motivation ini kamu miliki, bisa jadi kamu sudah siap untuk membangun bisnis sendiri.

4. Punya keterampilan mengorganisasi

Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan keterampilan mengorganisasi berbagai hal, mulai membuat business plan, mengelola SDM, mengelola keuangan, mendelegasikan tugas, menciptakan promo yang menarik, dan sebagainya. Coba amati, apakah kamu memiliki kemampuan mengorganisasikan berbagai hal? Jika ya, saatnya kamu membuka bisnis sendiri.

5. Pengin membantu orang lain

Apakah kamu merasa punya keinginan kuat untuk membantu orang lain dengan produk atau jasa? Jika ya, bisa jadi kamu berbakat untuk menjadi seorang entrepreneur. Pasalnya, salah satu tujuan bisnis adalah menawarkan solusi bagi orang banyak, tak sekedar mencari profit sebanyak-banyaknya.

| SHUTTERSTOCK
6. Merasa karier mandeg

Tak bersemangat setiap kali bangun pagi dan ogah-ogahan berangkat ke kantor? Merasa tak lagi punya tantangan di pekerjaan yang sekarang dan pengin melakukan sesuatu yang berbeda? Bisa jadi saatnya bagi kamu untuk berhenti menjadi karyawan dan membangun bisnis sendiri.

7. Punya ide-ide yang harus diwujudkan

Kamu punya ide tetapi orang lain menganggap ide itu tak mungkin dilaksanakan. Apa yang harus dilakukan? Salah satu jawabannya adalah membangun bisnis sendiri sehingga semua ide yang selama ini tersimpan di benak bisa diwujudkan. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro