It takes a great deal of courage to stand up to your enemies, but even more to stand up to your friends.
J.K. Rowling

Gairah Seksual Meredup? Nyalakan Lagi Dengan 7 Hal Ini

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 15 Maret 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Seks yang sehat bisa menjadi tolok ukur kesehatan secara keseluruhan. Seks yang sehat juga penting untuk meraih hidup yang bahagia dan menyenangkan. Gairah seks yang menurun bisa mengganggu hubungan dengan pasangan. Menurunnya gairah seks ditandai antara lain oleh berkurangnya hasrat untuk bercinta, berkurangnya frekuensi hubungan seks, tidak bisa menikmati hubungan seks, dan pada pria, gangguan ereksi. Bagaimana meningkatkan gairah seks yang meredup, berikut 7 tipsnya.

 

1. Hindari Stres

Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap performa seks seseorang. Saat stres, pikiran tak bisa memberikan respons terhadap rangsangan seksual yang datang. Belum lagi produksi hormon pengatur libido yang juga menurun ketika stres. Pada pria, stres juga bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengganggu fungsi ereksi.

2. Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi bisa mengurangi performa seks, bahkan membuat gairah seks meredup. Jaga tekanan darah pada angka normal agar gairah seks kembali menyala, salah satunya dengan berolahraga dan menjaga makanan. Jika angka tekanan darah belum juga turun, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca juga: Seks Baik Bagi Kesehatan, Ini Jumlah Kalori Yang Terbakar

3. Rajin Berolahraga

Olahraga maupun aktivitas fisik terbukti merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak hanya itu, olahraga atau aktivitas fisik juga merupakan ‘obat’ yang sangat ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri maupun libido seks. Lakukan olahraga secara rutin paling tidak 30 menit 5 kali seminggu.

4. Makan Cabai

Percaya atau tidak, cabai ternyata juga bisa membantu meningkatkan gairah seks. Cabai mengandung capsaicin, zat kimia yang membantu melepaskan endorfin ke otak. Endorfin adalah zat yang bermanfaat menstimulasi rasa bahagia. Rasa bahagia inilah yang membantu mendongkrak gairah seks yang redup.

| SHUTTERSTOCK
 5. Pisang Juga Bisa Membantu

Pisang kaya akan kandungan potasium dan Vitamin B6 yang memiliki banyak khasiat, antara lain menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah serta membantu meningkatkan stamina. Tapi tak cuma itu, pisang ternyata juga membantu meningkatkan gairah seks.

6. Berjemur

Sinar matahari tak hanya baik bagi tulang, tetapi juga bisa membantu mencegah menurunnya libido seks. Sinar matahari yang menerpa kulit akan memberi sinyal ke tubuh untuk berhenti memproduksi hormon melatonin, yakni hormon yang bisa membunuh gairah seks.

7. Komunikasi Hangat

Ini yang tak kalah penting. Menurunnya gairah seks bisa jadi lebih bersifat psikis, salah satunya kurangnya komunikasi dengan pasangan. Bicarakan dengan pasangan, apa yang dia suka dan tidak suka saat bercinta, begitupun sebaliknya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro