You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Tidur Miring Ke Kiri Lebih Sehat, Ini Alasannya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 19 Maret 2019 | 14:28 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kata orangtua, tak baik makan sebelum tidur karena makanan menjadi sulit dicerna sehingga membuat badan gemuk. Sebetulnya halini tidak tepat. Proses pencernaan makanan tetap akan berlangsung, tak peduli apakah orang itu terjaga maupun tidur.

 

1. Membantu Pencernaan

Tubuh akan tetap sibuk selama tidur sehingga butuh bahan bakar. Dan posisi tidur yang paling baik adalah miring ke kiri. Pasalnya, lambung terletak di samping kiri perut, sehingga ketika tidur miring menghadap ke kiri, makanan akan mudah meluncur ke usus besar. Posisi ini juga menjaga agar lambung tidak berada di atas pankreas yang membantu enzim pencernaan sehingga jalannya enzim pencernaan lebih lancar.

2. Membantu tugas jantung

Jantung bekerja tanpa henti untuk menopang kehidupan. Nah, tidur menghadap ke kiri akan membantu tugas jantung. Aorta akan mengirimkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, dimuai dari pembuluh darah di sebelah kiri. Tidur miring ke Arah kiri tugas jantung akan lebih ringan.

3. Posisi tidur salah

Pernahkah kamu bangun tidur dalam keadaan letih karena otot bahu dan punggung tegang? Bisa jadi ini karena posisi tidur yang salah. Jadi, jika kamu bangun pagi dalam keadaan seperti itu, cobalah tidur menghadap ke kiri. Posisi tidur ini akan mengurangi ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah, sehigga mengurangi peradangan akiat iotot tegang atau kaku.

| SHUTTERSTOCK

4. Menjaga sirkulasi darah

Perempuan yng sedang hamil harus memberi makan bagi 2 manusia. Tidur menghadap ke arah kiri akan menjaga sirkulasi darah supaya mengalir lancar dan mengurangi tekanan dari beban bayi ke tulang punggung Bunda, serta menjaga liver agar tidak tergencet. Posisi ini juga membantu melancarkan peredaran darah bagi ibu maupun janin.

5. Pasangan ngorok

Jika pasangan suka ngorok, tidur dengan posisi miring ke arah sebelah kiri adalah cara terbaik untuk menghilangkannya. Pasalnya, posisi tdiur ini akan menjaga lidah dan tenggrokan pada posisi netral. Saat tidur, mulut, tenggorokan dan lidah berada pada posisi rileks. Tidur terlenntang merupakan posisi tidur terburuk bagai seorang tukang ngrok.     

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro