I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

4 Langkah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 26 Maret 2019 | 14:04 WIB
| SHUTTERSTOCK

Metabolisme tubuh sangat penting untuk beraktivitas. Metabolisme merupakan proses yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi. Nah, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, yang berperan memasok energi dan nutris ke seluruh tubuh, berikt 4 tipsnya.

 

1. Minum kopi

Kafein membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 11%, begitu hasil riset yang dipublikasikan American Journal of Cinical Nutrition. Jika kamu bukan seorang pecinta kopi, bisa diganti dengan teh hijau, yang juga memiliki kemampuan meningkatkan metabolisme sama halnya kafein. Teh hijau juga mengandung EGCGs, antioksidan yang akan memberi sinyal pada sel-sel tubuh untuk menghancurkan lemak. 

2. Sarapan tinggi protein

Sarapan merupakan bahan bakar untuk meningkatkan metabolisme supaya kita siap beraktivitas sepanjang hari. Jika kamu tidak terbiasa sarapan atau tidak bernapsu untuk makan begitu bangun pagi, coba tunggu satu sampai 2 jam sebelum makan. Jika terbiasa berolahraga pagi, pastikan kamu makan 45 menit setelah olahraga untuk membantu tubuh memperoleh bahan bakar untuk beraktivitas. Pilh menu tinggi protein dbandingkan tinggi lemak maupun karbo agar tubuh bisa bugar lebih lama. Misalnya, yoghurt beserta granola atau buah kesukaan.  

 

Baca juga:  6 Kebiasaan Tak Sehat Yang Bisa Merusak Otak

 

3. Olahraga intensitas tinggi

Olahraga sebelum sarapan akan membantu tubuh membakar lemak, apalagi jika olahraga yang dipilih olahraga intensitas tinggi dan intensitas sedang secara bergantian, seperti jogging atau sprint. “Olahraga intensitas tinggi lebih banyak membakar kalori per menit dibandigkan olahraga kardio statis. Ini Aan menjaga metablisme tubuh tetap bertahan lama dan membakar kalori Selama beberapa jam,” kata Amy Goodson, RD, CSSD, pakar gizi olahraga. 

4. Olahraga beban

Selain olahraga intensitas tinggi dan sedang yang dilakukan bergantian, metabolisme tubuh juga bisa didongkrak dengan melakukan olahraga beban. Selain membakar kalori, olahraga ini juga membantu menjaga massa otot. Gabungkan olehraga beban dengan olahraga intensitas tinggi supaya mendapatkan benefit lebih.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro