Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Jika Dibiarkan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 26 Maret 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Awalnya mungkin hanya kesal, lalu berkembang menjadi rasa tak suka, dan akhirnya menjadi kebencian. Hati-hati, hal-hal kecil seperti di bawah ini bisa berkembang menjadi kebencian yang akhirnya menghancurkan hubungan cinta. 

 

1. Tak mau mengakui kesalahan

Tak ada manusia yang sempurna. Jadi, wajar jika sesekali berbuat salah. Yang lebih penting adalah bagaimana kita mengakui bahwa kita salah dan meminta maaf. Ini hanya menunjukkan ketidakdewasaan dan lebih mementingkan ego ketimbang pasangan atau hubungan.

Selain meminta maaf, memberi maaf juga tak kalah penting. Tak mau memberi maaf atau masih memendam kemarahan juga bisa membuat hubungan terganggu dan bahkan kandas.

2. Tak bisa tepat waktu

Banyak yang menganggap ini sebagai hal kecil dalam sebuah hubungan cinta. Tapi jika seseorang terbasa ingkar janji dan tak tepat waktu kepada pasangannya, maka lama-lama akan muncul rasa sebel, tak suka, lalu hubungan rusak. Coba untuk selalu menepati Janji dan menepati waktu meskipun untuk hal-hal kecil, misalnya jika berjanji mau mengantar belanja jam 12, tepati itu. 

Baca juga: 6 Tanda Si Dia Bukan Orang Yang Tepat Buatmu

3. Curhat ke orang lain

Rasa jengkel atau tak suka yang dipendam bisa menjadi perusak hubungan karena menyimpan emosi. Jika kita tak bisa menyampaikan perasaan tak suka ke pasangan dan malah menceritakan atau curhat ke orang lain, jangan kaget jika hubungan lama-lama akan memburuk. Komunikasi merupakan kunci hubungan yang sehat.  

4. Tak pernah bisa mengerti

Penting bagi pasangan untuk saling memahami bahwa masing-maing memiliki pilihan dan harus mau berkompromi. Jika salah satu tak pernah mau mengerti dan memberi kesempatan pasangan untuk memutuskan sesuatu yang penting, rasa kesal dan tak suka bisa tumbuh dan membesar sehingga mengganggu hubungan. 

5. Melempar joke sinis

Candaan atau joke memang bisa mendekatkan hubungan. Tetapi jika joke dilontarkan dengan nada sarkastik atau sinis kepada pasangan, apalagi jika dilontarkan di hadapan orang lain, bisa dimaklumi jika pasangan akan merasa tak enak, kesal, dan mulai tak suka. 

| SHUTTERSTOCK
6. Mencari siapa yang menang atau kalah

Bertengkar adalah hal biasa dalam sebuah hubungan cinta. Tetapi jika pertengkaran dipertahankan untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah, rasanya hubungan cinta ini tak bakal bertahan lama.

Agar hubungan berjalan harmonis dan langgeng, dibutuhkan kemauan untuk berkompromi. Yang penting ditemukan solusi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

7. Iri pada kesuksesan pasangan

Terdengar asing, tetapi ini biasa terjadi, misalnya jika keduanya tengah mengejar karier atau bekerja di bidang yang sama. Iri bisa positif bisa juga negatif.

Jika yang terjadi adalah iri yang negatif jelas bisa mengganggu hubungan. Ingat, sukses pasangan adalah sukses kamu juga, jadi sebetulnya tak ada alasan untuk saling iri pada keberhasilan pasangan.   

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro