When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

6 Tanaman Indoor Terbaik Untuk Bersihkan Udara

author
Isna Triyono
Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tren meletakkan tanaman dalam rumah semakin diminati.

Bukan saja memperindah dan mempercantik ruangan, tanaman indoor juga punya fungsi lain, yaitu membersihkan udara dalam ruangan.

Nah, berikut ini 6 jenis tanaman indoor terbaik untuk membersihkan udara dalam ruangan.

 

SHUTTERSTOCK |

1. Rubber Plant

Tanaman yang juga dikenal dengan nama pohon karet kebo (rubber plant ficus elastica) ini berdaun lebar dan terlihat kaku. Selain memberi kesan dramatis ketika dipajang di ruangan, pohon karet kebo juga bisa menghilangkan racun di udara.

Bersihkan daun-daun rubber plant dengan melapnya menggunakan kertas atau kain lembap agar pori-pori daunnya tetap terbuka dan bisa menyerap racun di udara dengan optimal.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatur Rumah Menurut Feng Shui

 

SHUTTERSTOCK |

2. Palem Kuning

Tanaman hias ini tumbuh merumpun dengan daun-daun memanjang. Sangat cocok untuk dipajang di pojok ruangan. Palem kuning juga jadi salah satu tanaman yang paling baik menyerap polutan di udara dalam ruangan.

Untuk perawatannya, kamu harus rutin menjemur palem kuning di bawah sinar matahari sehari 2 kali.

 

 

SHUTTERSTOCK |

3. Pakis

Bentuknya yang unik, membuat pakis sangat cocok diletakkan dalam ruangan. Kamu bisa menggantungnya dengan pot mungil atau meletakkan di atas meja.

Pakis juga bisa menghilangkan polutan dalam udara, terutama yang menyebabkan sakit kepala dan menjaga kelembapan udara.

 

 

SHUTTERSTOCK |

4. Lili

Bukan hanya bunganya yang cantik dilihat, tanaman lili juga sangat baik menghilangkan racun dalam udara, terutama yang menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan menghambat pertumbuhan jamur.

 

 

SHUTTERSTOCK |

5. Sanseviera atau Lidah Mertua

Tanaman ini sudah sangat popular sebagai penghisap debu dan membersihkan udara. Bentuknya yang unik dan perawatan yang mudah, membuat lidah mertua menjadi pilihan banyak orang untuk diletakkan dalam ruangan.

Baca juga: 7 Inspirasi Menghias Area Tangga Dengan Tanaman

 

 

SHUTTERSTOCK |

6. Philodendron

Nama tanaman ini berasal dari bahasa Yunani, philo artinya cinta dan dendron artinya pohon. Enggak heran, tanaman ini dikenal juga sebagai pohon cinta.

Daunnya yang lebar dan berbentuk unik ini sangat ampuh membersihkan udara dalam ruangan dari jamur dan racun.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono