Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

4 Tips Kreatif Promosi di Medsos

author
Isna Triyono
Rabu, 27 Maret 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Enggak bisa dipungkiri, media sosial menjadi wadah yang menjanjikan untuk jualan secara online shop.

Sayangnya, hampir semua pebisnis berpikiran yang sama. Sehingga semua berlomba-lomba berjualan di medsos.

Kamu pun harus punya trik agar barang jualanmu laris manis dijual lewat medsos.

Salah satu caranya adalah bikin promosi yang kreatif dan menarik perhatian calon pembeli.

Baca juga:  Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mulai Berbisnis

Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk promosi di medsos.

1. Content is The King

Ujung tombak dari semua promosi adalah tampil foto produk di feed medsos. Syarat foto untuk jualan harus dipenuhi seperti size besar, clean, fokus, dan lain sebagainya.

Tapi supaya enggak monoton, kamu juga harus pikirkan atur feed supaya eye catching, misalnya diselingi dengan quote, foto menarik di luar produk, atau tema dan warna yang senada.

2. Kata-Kata yang Menyentuh dan Menarik

Biasanya di kolom caption, kita hanya menulis kata-kata promosi standar seperti “jual baju muslim, buka PO tas import, atau yuk diorder obat pelangsing badan.”

Calon pembeli biasanya bosan dan enggak tertarik untuk, bahkan membaca dan melihat produk jualan.

Tapi coba kamu ganti dengan kalimat yang kreatif tapi mengena di hati calon pembeli. Misalnya, “Pernah enggak sih kamu ga pede ke resepsi nikahan cuma karena baju yang dipakai ga nyaman? Coba deh, kebaya koleksi butik A ini. Dijamin bikin kamu makin pede.”

Kalimat yang menarik dan menyentuh seperti kamu berbicara berdua dengan calon pembeli kamu seperti di atas, lebih bikin calon pembeli ‘nengok’ ke lapak kamu.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bisnis dan Pribadi

SHUTTERSTOCK |

3. Bangun Engagement

Jalin hubungan yang hangat dengan pelangganmu seperti seorang teman. Banyak fitur yang bisa kamu gunakan di medsos untuk ini. Misalnya fitur ‘ask me a question, ask a question yes or no, ’ di Instagram.

Kamu bisa minta pendapat orang atau ngajak follower untuk curhat ke kamu yang masih berhubungan dengan produk jualanmu.

Misalnya, kamu jualan baju big size, kamu bisa minta pelangganmu untuk cerita pengalaman jadi korban body shaming atau susahnya cari toko baju big size.

4. Quiz, Diskon, Giveaway

Ini juga cara lama tapi selalu ampuh menarik perhatian calon pembeli. Adakan quiz, diskon, dan giveaway dengan jeda waktunya yang enggak telalu dekat.

Jangan lupa untuk menyertakan syaratnya, antara lain calon pembeli melakukan aksi memberi like, comment, atau tag beberapa akun lainnya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono