We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

6 Kebiasaan Sehat Generasi Milenial

author
Hasto Prianggoro
Senin, 1 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Meski sering mendapat sorotan dan sebutan negatif, ada banyak kelebihan dan sisi positif dari generasi milenial. Salah satunya adalah kebiasaan-kebiasaan sehat berikut ini.

 

1. Pentingnya makanan sehat

Salah satu yang membedakan generasi milenial dan generasi sebelumnya adalah kebiasaan makan. Generasi baby boomer lebih suka fast food. Bisa dimaklumi, pasalnya generasi ini tumbuh dan besar di era menjamurnya fast food. Masa-masa di antara tahun 60 hingga 70-an merupakan masa-masa produk-produk fast food tumbuh dan berkembang pesat. 

Bukan berarti generasi milenial tak menyukai makanan fast food, tetapi mereka juga sadar betul pentingnya kebiasaan makan sehat. Itu sebabna mereka tak menolak sayuran dan makanan segar lain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. 

2. Olahraga adalah keharusan

Generasi milenial kerap disebut sebagai “tak bisa lepas dari teknologi” sementara generasi baby boomer lebih dikenal sebagai “generasi TV.”  Generasi baby boomer lebih abai terhadap gaya hidup sehat dibandingkan generasi milenial. Generasi milenial tahu bahwa makan makanan sehat harus disertai olahraga cukup. Olahraga sudah menjadi aktivitas rutin mereka. Tak hanya berolahraga, mereka juga suka aktivitas luar ruangan untuk menjaga agar tetap aktif.

| SHUTTERSTOCK
3. Yoga, meditasi, dan olah napas

Meskipun generasi milenial lahir di era modern, tetapi untuk hal-hal yang memberikan manfaat, mereka tetap mau menerima dan mempraktekkannya. Misalnya saja meditasi, latihan pernapasan, maupun yoga yang merupakan hasil kebudayaan generasi sebelumnya. Mereka tahu bahwa baik yoga, meditasi maupun olah napas membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sekaligus membuang racun dari dalam tubuh. 

4. Multitasking dengan jeda

Milenial dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan mutitasking, tetapi mereka juga sadar bahwa pekerjaan multitasking juga bisa membuat mereka berada dalam tekanan fisik dan mental. Pilihannya, mereka membuat jeda di antara pekerjaan-pekerjaan multitasking sehingga lepas dari stres.

Baca juga: 7 Tantangan Yang Dihadapi Pasangan Milenial

5. Keluar dari zona nyaman

Kebiasaan sehat lain yang dilakukan milenial adalah keluar dari zona nyaman, karena inilah adalah cara mereka belajar hal-hal baru. Bagi mereka, tampil dengan pengetahuan baru merupakan salah satu hal wajib untuk mencapai tujuan utama. Baby boomer lebih menonjolkan kekuatan atau kelebihan, sementara milenial selalu siap untuk mengambil kesempatan. 

6. Terbuka dan positif

Generasi milenial selalu berusaha membuka diri dan bersikap positif karena dua sikap ini memainkan peranan penting untuk menyelesaikan masalah. Itu sebab jarang kita melihat milenial menyerah ketika mengerjakan sesuatu. Mereka akan mencoba sampai solusi ditemukan. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro