For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

6 Aktivitas Berikut Membantu Kita Bugar Setiap Hari

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 2 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Merasa tak bersemangat setiap kali bangun tidur di pagi hari? Cobalah 6 tips di bawah ini agar tubuh siap untuk beraktivitas. 

 

1. Minum air putih

Minum air putih begitu bangun tidur di pagi hari memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Air sangat penting karena membantu tubuh mendapatkan energi. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh bisa menyebabkan sel-sel tuuh terganggu dan rusak. Dalam sehari, Manusia butuh kurang lebih 6-8 gelas air, disesuaikan juga dengan frekuensi dan intensitas aktivitas yang kit alakukan. 

2. Stretching

Peregangan atau stretching 5 menit di pagi hari bisa membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan. Tubuh juga akan lebih nyaman ketika otot-otot rileks dan tidak kaku. Tak perlu jauuh keluar rumah atau dengan perlengkapan ala gym, cukup lakukan stretching di dalam kamar tidur.

Baca juga: 6 Kebiasaan Sehat Generasi Milenial

3. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran snagat bagus dikonsumsi di pagi hari. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jika tak sempat atau tak memiliki stok buah dan sayur di lemari pendingin, bisa juga mengonsumsi multivatmin sebagai penggantinya. Tetapi, buah dan sayuran segar jauh lebih baik.

4. Bakar kalori

Metabolisme tubuh di pagi hari biasanya berjalan lambat. Untuk memompa metabolisme, kita harus melakukan aktivtas atau mengonsumsi makanan yang bisa membantu membakar alori. Sayuran hijau yang kaya protein merupakan sumberr nutrisi dan antioksidan yang sangat bagus untuk ningkatkan metabolisme.   

| SHUTTERSTOCK
5. Siapkan overnight oat

Overnight oat memudahkan kita untuk mendapatkan energi dan nutrisi begitu bangun tidur. Kita bisa menyiapkan overnight oat pada malam sebelumnya sehingga keesokan harinya bisa langsung dikonsumsi. Campurkan plain oat, Greek yoghurt, susu, ditambah vanilla dan kayu manis. Tambahkan topping buah-buah segar di atasnya. 

6.Jauhkan gadget

Studi yang dilakukan University of Pennsylvania menunjukkan, 27% orang-orang yang membaca atau menonton berita negatif selama 3 menit di pagi hari (dari TV maupun internet) bisa mengalami gangguan mood dan semangat untuk beraktivitas sepanjang hari.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro