For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

4 Tips Memilih Sunscreen yang Nyaman di Kulit Kepala & Rambut

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 14 April 2019 | 20:00 WIB
Sunscreen untuk kulit kepala dan rambut. | SHUTTERSTOCK

Bukan hanya kulit tubuh yang butuh perlindungan dari sinar matahari. Kulit kepala dan rambut juga.

Saat mengoles sunscreen pasti kamu tak ingin sejengkal kulit pun yang luput, kan? Sampai sela-sela jari, telinga, tengkuk, semua wajib terlindungi.

Tapi bagaimana dengan kulit kepala? Biasanya terlupakan. Padahal kulit kepala dan rambut menjadi bagian tubuh teratas sehingga paling mudah terbakar matahari.

Memang, sih, mengoles losion sunscreen konvensional bikin malas karena bakal terasa lengket di kepala. Namun risikonya cukup menyeramkan. Kanker kulit di kulit kepala meski kasusnya langka tetapi sangat mematikan.

“Riset menemukan, salah satu kanker kulit yang paling fatal terjadi di kulit kepala (melanoma) yang dengan mudah menyebar ke otak,” papar dermatologis Debra Jaliman, MD di Icahn School of Medicine Mount Sinai.

Baca juga: Sunscreen Sekaligus Makeup Base? Ini 6 Pilihan Favoritnya

Ada beberapa tips memilih sunscreen yang nyaman dipakai di kulit kepala dan rambut:

1.Gunakan standar SPF yang sama dengan bagian tubuh yang lain, yaitu minimal SPF 30 broad spectrum.

2.Jenis rambut menentukan kemudahan pemakaian sunscreen. Jika rambut kamu tebal dan panjang, pastikan sunscreen teroles rata di belahan rambut hingga ujung. Jika rambut kamu tipis, akan lebih mudah mengoles sunscreen.

3.Ikat rambut model ponytail atau bun untuk mengurangi risiko terbakar sinar matahari.

4.Pilih bentuk sunscreen yang mudah digunakan di kulit kepala, yaitu spray, oils, dan stick. Bentuk bubuk juga mudah digunakan di kulit kepala tetapi pastikan warnanya mirip dengan warna rambut kamu, ya.

Baca juga: Hindari, 7 Kesalahan Makeup Yang Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua

 

Ini 3 pilihan sunscreen untuk melindungi kulit kepala dan rambut:

Supergoop! Super Power Sunscreen Mousse SPF 50

Melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari. Tidak lengket dipakai, tahan air hingga 80 menit, serta mengandung pelembap dari shea butter.

Supergoop! |

Neutrogena UltraSheer Body Mist Sunscreen 100+

Praktis karena bisa dipakai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Tidak lengket, oil-free, water resistant hingga 80 menit.

Neutrogena |

Shiseido Ultimate Sun Protection Spray SPF 50+

Tahan terhadap air, keringat, dan minyak. Bisa dipakai di kulit kepala, rambut, wajah, dan tubuh. Mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Shiseido |

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi