For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Berhubungan Seks Pertama Pasca Melahirkan, Ini Tipsnya

author
Isna Triyono
Kamis, 18 April 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setelah melahirkan, seorang ibu akan beradaptasi sambil merawat bayi.

Lalu pertanyaan yang sering muncul, kapan sebaiknya mulai berhubungan seks dengan suami? Apakah rasanya akan sakit pasca melahirkan, terutama dengan proses normal?

Idealnya, kamu harus menanyakan pendapat dokter kapan sebaiknya kamu mulai berhubungan seks lagi dengan suami pasca melahirkan. Karena banyak faktor yang harus diperhatikan dari segi kesehatan.

Namun biasanya, kamu sudah mulai bisa berhubungan seks lagi setelah 6 minggu paska melahirkan.

Baca juga: Pumping di Tempat Kerja? Simak 7 Tips Berikut Ini

Berikut tips berhubungan seks pertama pasca melahirkan.

1. Bicara dengan Suami

Setelah melahirkan, kebanyakan perempuan akan kehilangan libido. Jika kamu merasakan hal itu, sebaiknya bicarakan dengan suami agar ia pun mengetahui kondisimu dan minta pengertiannya.

2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Kamu bisa meminta suami memijat bagian tubuhmu agar lebih rileks. Kamu dan pasangan juga bisa saling memberi sentuhan yang lembut di bagian tubuh mana saja.

3. Cumbuan yang Ringan

Bayangan akan peristiwa melahirkan pasti masih melekat kuat di pikiran seorang perempuan. sebaiknya, jangan langsung berhubungan seks yang menggebu, tetapi awali dengan cumbuan yang ringan.

Dengan begitu, kondisi fisik dan psikismu pun bisa siap saat hubungan seks terjadi.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Merasakan Kontraksi

4. Tunda Jika Merasa Sakit atau Tidak Nyaman

Berhubungan seks pertama pasca melahirkan bisa menjadi hal yang menegangkan bagi seorang perempuan. Apalagi jika saat melahirkan, vagina mengalami luka robekan yang cukup besar.

Jika kamu merasakan sakit, sebaiknya beri tahu pasangan dan memintanya untuk menunda hingga kamu siap secara fisik.

5. Jangan Panik

Jika kamu tidak menikmati hubungan seks pertama atau malah seperti mati rasa, jangan panik. Banyak perempuan yang merasa aneh ketika berhubungan seks pertama kali pasca melahirkan. Semua akan kembali baik-baik saja setelahnya.

 

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono