Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Jerawat Tak Hilang-Hilang, Ikuti 6 Tips Berikut

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 18 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Gangguan kulit wajah ini sangat mengganggu penampilan seorang perempuan. Bagaimana mencegah dan mengatasinya?

 

1. Bersihkan wajah

Menjaga kebersihan kulit wajah dan tubuh mutlak dilakukan. Selain untuk mencegah munculnya jerawat, rajin menjaga kebersihan kulit wajah juga membantu mencegah jerawat supaya tidak makin parah.

Tak perlu perawatan yang mahal-mahal, cukup gunakan sabun wajah yang memiliki kandungan untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebihan, lalu bersihkan sisa sabun dan kotoran dengan cleansing atau toner.

2. Facial

Komedo yang menyumbat pori-pori sebaiknya dikeluarkan agar kulit bisa memperbaiki dirinya, salah satunya dengan facial yang bertujuan mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Hindari mengeluarkan komedo sendiri, apalagi dengan jari karena bisa menimbulkan luka yang lebih dalam dan membuat jerawat terinfeksi.

3. Pilih kosmetik yang tepat

Pemakaian kosmetik sering dilematis antara mengurangi pemakaiannya dengan kebutuhan tampil cantik. Kuncinya, pemilihan kosmetik yang tepat. Pilih kosmetik berbahan dasar air dan tidak menutup pori-pori. Jangan lupa baca aturan pakai dan komposisi produk.

|
4. Hindari stres

Stres dan kurang istirahat sangat mempengaruhi parah tidaknya jerawat. Namun, jerawat juga bisa menimbulkan stres. Istirahat cukup akan membantu perbaikan dan penyembuhan jerawat.

5. Menjaga pola makan

Hubungan antara makanan dengan jerawat sebetulnya masih dalam perdebatan, kecuali pada mereka yang memang rentan terhadap makanan tertentu. Kita sendiri yang tahu pengaruh makanan terhadap kulit kita. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan pola makan yang tepat.

6. Konsultasikan ke dokter

Jika jerawat tak juga hilang, ada baiknya dikonsultasikan kepada dokter yang kompeten agar diberikan terapi dan perawatan yang tepat.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro