You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

6 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Rambut Rusak

author
Hasto Prianggoro
Senin, 22 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Salah melakukan perawatan, rambut justru bisa rusak, termasuk 6 kebiasaan berikut ini.

 

1. Salah memilih sisir

Memilih sisir ternyata tak bisa sembarangan, karena salah-salah malah bisa merusak rambut. Jangan hanya melihat harganya yang murah saat membeli sisir, tetapi perhatikan juga bahan dan fungsinya. Pilih sisir jenis bristle brush yang lebih aman dan nyaman, membantu mengatur dan merapikan rambut.

2. Keramas setiap hari

Terlalu sering keramas justru tidak baik karena bisa membuat kulit kepala dan rambut kehilangan kelembapannya dan rusak. Keramas 2-3 kali seminggu dengan sampo dan conditioner yang bebas sulfat akan membantu kesehatan kulit kepala dan rambut.

Baca juga: 6 Bagian Tubuh Penanda Datangnya Penuaan

3. Hobi mengikat rambut

Mengikat rambut menjadi salah satu cara agar rambut tidak berantakan, khususnya agi mereka yang aktif beraktivitias. Tetapi kebiasaan mengucir rambut setiap hari bisa menyebakan rambut rusak dan rontok, apalagi jika ikatan rambut terlalu kencang sehingga menekan folikel. Ikat rambut hanya ketika sangat diperlukan.

4. Sering memakai sampo kering

Sampo kering ternyata tak bagus bagi kesehatan rambut karena hanya akan menyumbat pori-pori di kulit kepala. Memakai sampo kering satu atau dua kali seminggu masih oke-oke saja, tetapi memakaianya setiap saat akan membuat produksi minyak di kulit kepala terhambat.

| SHUTTERSTOCK

5. Suka berpanas-panasan

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata tak baik juga bagi rambut. Sinar UV bisa membuat warna rambut cepat pudar. Sebaiknya gunakan topi atau penutup kepala saat berada di bawah panas matahari.

6. Hobi pakai catok rambut

Catok atau rol rambut memang membantu membentuk dan merapikan rambut, tetapi panas yang keluar dari alat-alat tersebut bisa membuat rambut rusak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro