What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

6 Bagian Tubuh Penanda Datangnya Penuaan

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 4 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Usia tua adalah sebuah keniscayaan yang pasti akan datang. Salah satu tandanya adalah mulai berkurangnya elastisitas dan penampilan, seperti yang terjadi pada 6 anggota tubuh berikut ini.

 

1. Tangan

Khususnya pada perempuan, tangan merupakan bagian tubuh yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Menurut dermatologis Kally Papantoniou, MD, FAAD, perubahan hormonal akan membuat kulit tangan kehilangan elastisitas dan volumenya sehingga berkeriput. 

3. Bibir

Kerutan di area bibir biasanya muncul setelah kerut di mata dan dahi. Penyebabnya biasanya karena sinar matahari, tetapi juga akibat kebiasaan seperti minum dengan sedotan atau botol. Dan yang jelas, ini salah satu pertanda mulai datangnya penuaan.  

| SHUTTERSTOCK

3. Mata

Garis atau kerut di sekitar mata ini sering disebut dengan “garis tawa” dan terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang seperti tersenyum, mengedip, atau terpapar sinar matahari.

Pemakaian formula pelindung dari sinar matahari biasanya luput dan tak menyentuh area ini. Lebih baik gunakan kacamata pelindung untuk mencegah paparan sinar UV dan mengurangi mengedip karena silau.

 4. Leher

Meskipun wajah bisa tetap mulus, tetapi area leher tak bisa menutupi datangnya penuaan. Istilah untuk leher yang mulai keriput adalah “leher kalkun,” menunjukkan keriput yang bermunculan akibat mulai melemahnya kulit di area ini.  

| SHUTTERSTOCK

5. Dahi

Ketika kita berpikir keras, salah satu tandanya adalah munculnya kerutan di dahi, Itu sebab, ada istilah “mengerutkan dahi” untuk menunjukkan bahwa otak tengah memikirkan sesuatu. Kerutan ini juga merupakan salah satu ciri datangnya penuaan.

Untuk memperlambat penuaan, gunakan produk perawatan muka yang mengandung retinol untuk meningkatkan produksi kolagen. 

6. Rambut

Rata-rata orang mulai mencermati munculnya uban di usia 30-an ketika tubuh mulai berhenti memproduksi sel-sel pigmen.

Memasuki usia 50 tahun, rambut dari setengah jumlah populasi manusia mulai beruban setengahnya dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro