There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

5 Alasan Membaca Bersama Anak Itu Penting

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 April 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Salah satu tahap perkembangan anak usia sekolah adalah belajar membaca. Kemampuan membaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan intelektual dan sosial anak. Orangtua harus memberikan ruang dan support agar kemampuan membaca anak meningkat, termasuk menemani anak membaca atau membacakan anak buku. Kenapa?

1. Anak jadi cinta buku

Ketika membaca menjadi sebuah kebiasaan di keluarga, ini akan menjadi sebuah aktivitas sehari-hari seperti makan malam bersama, membersihkan rumah, mandi, dan sebagainya. Dan semakin sering anak membaca bersama atau melihat orangtua membaca, mereka akan tertular untuk juga akrab dan mencintai buku.

2. Mengurangi waktu untuk gadget

Jika membaca sudah menjadi rutinits di rumah, dengan sendirinya anak juga tidak begitu bergantung pada gadget lagi. Waktu untuk gadget sebagian tersita oleh waktu membaca, apalagi jika orangtua menyediakan bahan bacaan yang disukai anak. Orangtua bisa mengarahkan anak untuk membuka gadget tak hanya untuk hiburan tetapi juga untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

| SHUTTERSTOCK
 3. Menguatkan hubungan

Melakukan hal-hal bersama anak merupakan cara paling baik untuk mempererat hubungan, salah satunya waktu membaca bersama-sama. Sambil membaca, buatlah permainan yang bisa memancing interaksi dengan anak. Misalnya bermain kuis dari isi buku yang baru saja dibaca, lomba adu cepat membaca, dan sebagainya. Selain mengasah keterampilan membaca anak, ini juga akan membantu meningkatkan intelektualitas anak.

4. Anak lebih pede

Seiring kemampuan membaca anak yang makin bertambah, sesekali minta anak untuk membaca buku dengan suara keras. Membaca keras-keras akan membuat anak lebih percaya diri dan terbiasa untuk berani menyampaikan sesuatu di depan orang lain. Selain itu, membaca keras-keras akan membantu meningkatkan pengucapan, kosa kata, dan pemahaman anak akan isi sebuah cerita atau artikel.

5. Tetap update

Orangtua bisa ikut membaca buku-buku cerita milik anak dan mendiskusikan isi cerita bersama anak. Ini akan menjadi saat yang menyenangkan bagi orangtua dan anak. Selain itu, orangtua juga bisa mengikuti perkembangan anak berdasarkan buku yang mereka baca. Istilahnya, orangtua tetap update dengan dunia anak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro