Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Sering Cemas? Lakukan 3 Olahraga Ini

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 24 April 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Olahraga diketahui bisa membantu meredakan stres maupun kecemasan. Yang jadi pertanyaan, apakah semua olahraga bisa meredakan kecemasan? Jenis olahraga apa saja yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan? Berikut ini 3 di antaranya.

 

1.Olahraga kardio

Kardio, atau olahraga untuk meningkatkan detak jantung, merupakan jenis olahraga yang dikenal membantu menghilangkan kecemasan. Yang termasuk olahraga kardio antara lain lari intensitas tinggi, angkat berat, berenang, dan olahraga lain yang membuat tubuh berkeringat, bernapas lebih cepat, dan jantung berdetak lebih kencang.

Olahraga kardio mengurangi kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol serta menstimulasi produksi endorfin. Endorfin adalah senyawa kimia di otak yang membantu meredakan sakit dan pembangkit semangat.

Endorfin juga bertanggungjawab membantu kita merasa rileks dan optimis saat melakukan pekerjaan berat.

Baca juga: 4 Nyeri Punggung Yang Tak Boleh Diabaikan

2.Olahraga intens selama minimal 30 menit

Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa olahraga intens akan memberi efek positif jika dilakukan minimal 30 menit. Alasannya, olahraga yang membuat denyut jantung dan napas lebih cepat yang dilakukan lebih lama akan membuat kita lama-lama merasa nyaman.

Seperti diketahui, kecemasan ditandai antara lain oleh jantung yang berdenyut cepat dan napas memburu. Ketika kita merasa nyaman dengan 2 hal ini, maka kita akan terlatih untuk tidak takut pada kecemasan.  

Bersepeda selama setengah jam misalnya, akan mengurangi gejala kecemasan dalam jangka waktu yang cukup lama setelahnya. Everyday Health menyarankan mereka yang sering merasa cemas untuk melakukan olahraga dengan membagi-baginya menjadi beberapa sesi, masing-masing 10-15 menit. Tujuannya selain agar teratur, juga bisa menjaga efek positifnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

| SHUTTERSTOCK
3.Yoga

Praktek yang sudah sejak zaman dulu ada ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk membantu mengurangi kecemasan. Yoga mengelola stres dengan mengatur sistem respons terhadap stres. Hasilnya, denyut jantung lebih lambat dan stabil, tekanan darah juga turun, npas juga lancar dan lega.

Selain meningkatkan kebugaran fisik, yoga juga membantu fokus serta mengurangi kadar hormon stres. Studi yang dilakukan Georgia State University tahun 2016, seperti dilaporkan Psychology Today, menemukan bahwa jika rutin dilakukan setiap hari, yoga akan membantu membuang semua perasaan khawatir dan cemas.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro