What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

6 Aktivitas Positif yang Dibutuhkan Orang Kantoran

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 19 April 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Aktivitas selepas kerja ternyata sangat penting bagi kesehatan. Aktivitas yang positif merupakan jalan menuju sukses, stabilitas mental, perkembangan karier dan kebahagiaan. Nah, berikut 6 cara memaksimalkan waktu di luar jam kerja dengan cara yang sehat.

1. Pergi traveling

Luangkan waktu untuk berpetualang, berwisata dan melakukan eksplorasi ke tempat-tempat atau hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya mengunjungi museum, pusat-pusat seni dan budaya, atau konser musik. Selain membuat rileks, ini juga membantu mendapatkan ide-ide baru yang segar.

2. Olahraga

Bekerja seharian, 5 hari kerja terus-menerus pasti membutuhkan mental dan fisik yang prima. Apalagi jika bidang pekerjaan menuntut mobilitas dan berhubungan dengan orang atau pihak lain. Berolahraga bisa membantu melepas stres dan menjaga metabolisme tubuh. Pilih olahraga atau latihan yang disukai, misalnya berenang, jogging, bersepeda, yoga, dan sebagainya.

Baca juga: Solo Traveling Ala Luna Maya, Ternyata Ini Manfaatnya

3. Hal-hal positif

Coba hitung, berapa lama waktu yang kamu punya di luar jam kantor dan jam-jam untuk urusan pekerjaan? Pasti sangat jauh di bawah waktu untuk urusan kantor. Jadi, pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk hal-hal yang positif dan membantu meningkatkan value diri kita.

4. Istirahat dulu

Tiba di rumah atau apartemen, sebaiknya jangan langsung melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Cobalah istirahat lebih dulu beberapa menit, 30 menit misalnya, untuk menikmati musik dan minum teh atau kopi. Ini akan mengurangi stres dan membantu tubuh dan pikiran beritirahat sebelum melakukan rutiitas sehari-hari lainnaya.

| SHUTTERSTOCK
5. Menikmati alam

Tubuh, pikiran dan jiwa kita membutuhkan unsur-unsur alam supaya tetap sehat dan berfungsi baik. Cahaya matahari, pepohonan hijau, air yang mengalir jernih di sungai misalnya, sama pentingnya dengan makan, tidur, dan olahraga. Jadi, jadwalkan sebulan sekali misalnya, berjalan-jalan ke pegunungan atau pantai dan nikmati suasana alam yang masih segar dan hijau.

5. De-stres diri

Aktivitas seperti yoga, meditasi, dan olah pernapasan merupakan latihan yang baik untuk mengurangi stres dan kecemasan. Coba lakukan latihan pernapasan sederhana, baik pada saat di kantor maupun sepulang dari kantor untuk meningkatkan fokus, membuang stres dan menenangkan pikiran.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro