For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

7 Tanda Tubuh yang Sehat

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 26 April 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Bagaimana kita tahu bahwa tubuh kita sehat? Ada beberapa tanda yang menunjukkan apakah tuuh kita sehat ataukah bermasalah. Berikut ini 7 di antara tanda-tanda tersebut.

 

1. Siklus menstruasi teratur

Siklus menstruasi yang teratur (dengan interval antara 27-35 hari) merupakan tanda sistem reproduksi yang sehat. Siklus mens yang teratur menunjukkan ovulasi normal, yang juga menggambarkan kadar hormon seimbang dari otak hingga indung telur.

2. Rambut tebal dan lebat

Rambut yang tebal dan kuat serta kuku yang tumbuh cepat merupakan tanda tubuh yang sehat. Sebaliknya, rambut yang menipis serta kuku yang mudah patah menunjukkan kekurangan nutrisi seperti zat besi, Vitamin D, dan vitamin lainnya.

Baca juga: Ejakulasi Terhambat? Ini Penyebabnya

3. Jarang sakit kepala

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala dan ini normal. Pada orang yang sehat, sakit kepala biasanya jarang muncul. Kalaupun muncul, biasanya hanya sebentar dan akan sembuh dalam waktu singkat.

4. Bugar setiap bangun pagi

Bangun pagi dalam kondisi segar setiap pagi dan siap melakukan aktivitas merupakan tanda tubuh dalam kondisi yang prima. Beberapa gangguan kesehatan dan kekurangan vitamin biasanya membuat kita lemas, kurang energi dan selalu merasa lelah.

5. Emosi stabil

Orang-orang yang sehat biasanya memiliki emosi yang stabil. Mereka mampu memahami perasaan dan kebutuhan emosi orang lain. Ketika melakukan sesuatu yang menyakiti orang lain, mereka akan segera meminta maaf dan melakukan perubahan.

| SHUTTERSTOCK
6. Napas lega dan lancar

Bernapas dengan baik dan lega tanpa halangan menjadi tanda tuuh dalam kondisi baik dan sehat. Bahkan hidung tersumbat dan napas menjadi lebih berat karena flu pun biasanya tak berlangsung lama. Dalam beberapa hari, flu hilang dan napas kembali lega. Jika napas terasa berat dan tak sembuh-sembuh, bisa jadi ada sesuatu di jalan napas.

7. Kulit Bersih dan segar

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas. Kulit yang bersih dan segar merupakan tanda tubuh yang sehat. Warna kulit yang sehat tampak segar kemerah-merahan. Kulit yang kering dan kurang segar biasanya merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro