There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

8 Tanda Si Dia Tak Lagi Cinta

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 30 April 2019 | 14:32 WIB
| SHUTTERSTOCK

Di masa awal menjalin hubungan, hal-hal kecil atau kebiasan-kebiasaan kecil biasanya tak begitu diperhatikan dan dimaklumi karena masih dalam masa penyesuaian. Tetapi, jika setelah hubungan berjalan setahun pasangan masih juga melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, patut dipertanyakan.

 

1. Mementingkan urusannya sendiri

Butuh waktu untuk menyesuaikan dengan kebiasaan masing-masing, juga menyeimbangkan antara urusan pribadi dan urusan keluarga. Jika setelah setahun pasangan masih saja melakukan kebiasaan-kebiasaan buruknya, hati-hati. Jangan-jangan dia tidak menganggap penting hubungan dan hanya mementingkan urusannya sendiri.

2. Tak tahu aktivitas

Seiring berjalannya waktu, semestinya masing-masing pihak tahu dan hapal aktivitas apa yang dilakukan pasangannya. Tetapi jika pasangan tak tahu aktivitas sehari-hari kamu, atau sebaliknya, bisa jadi salah satu pihak tengah berbohong dan tidak jujur. Setelah berjalan setahun, semestinya masing-masing pihak tak keberatan pasangannya tahu aktivitas masing-masing.

Baca juga:  Konflik Menantu-Mertua, Bagaimana Mengatasinya?

3. Tetap saja main games

Di awal hubungan, mengirim SMS kepada pasangan merupakan tugas yang harus sempurna. Kalimat harus indah, emotikon tak boleh keliru, tanda baca juga harus pas. Menerima SMS pun juga begitu.

Tapi setelah setahun, biasanya kebiasaan ini berubah. Wajar, sih, tapi jika pasangan acuh ketika menerima SMS, beranjak pergi saat diajak ngobrol, atau malah asyik bermain games, ini bisa jadi masalah.

4. Bohong-bohong kecil

Hubungan dibangun di atas rasa saling percaya. Kepercayan ini bisa hilang begitu saja tersapu kebohongan kecil. Jadi, jika pasangan terus saja berbohong tentang hal-hal yang tak penting, kamu harus hati-hati. Bisa saja dia tengah berbohong tentang hal-hal lain juga. Setelah setahun, seharusnya masing-masing pihak sudah saling percaya.

| SHUTTERSTOCK
5. Tidak memberikan support

Saling memberikan support sangat penting dalam sebuah hubungan cinta. Jika pasangan masih curhat ke orang lain, dan bukannya ke pasangan, bisa jadi ini menandakan kurangnya perhatian dari pasangan. Malah, ada juga yang justru pergi saat pasangannya menghadapi masalah. Tanyakan, apa yang membuatnya seolah tak pagi peduli pada kamu, lau cari solusinya.

 6. Minta berubah

Meminta pasangan berubah di semua hal, dari cara berkomunikasi hingga kepribadian, bukanlah pertanda sebuah hubungan yang sehat. Dibutuhkan waktu untuk bisa saling menyesuaikan dengan pasangannya. Tetapi jika setelah setahun pasangan masih saja berharap kamu berubah mengikuti dia, bisa jadi ini pertanda buruk.

| SHUTTERSTOCK
7. Menolak bermesraan

Kemesraan fisik dan emosi merupakan komponen penting yang mampu menciptakan keharmonisan. Jika pasangan terkesan menolak bermesra-mesraan, sebaiknya tanyakan, apakah dia ada masalah atau tidak merasa bahagia bersamamu? Ini bisa juga mengindikasikan pasangan belum terbuka atau malah pindah ke lain hati.

8. Enggan adu pendapat 

Bertengkar, pada beberapa kasus, justru baik bagi hubungan. Ini membuat kedua pihak saling belajar berkomunikasi dan berkompromi. Tapi jika setelah setahun pasangan tak lagi tertarik untuk berdiskusi atau beradu pendapat, patut menjadi tanda tanya. Bisa saja mereka sudah tak peduli pada hubungan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro