For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Sunscreen SPF Berapa yang Sebaiknya Dipakai?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 30 April 2019 | 12:00 WIB
| Shutterstock

Sayangi kulit kamu dengan cara mengoles sunscreen ke seluruh tubuh setiap hari. Tapi kamu suka bingung enggak sih, sunscreen dengan SPF berapa yang sebaiknya dipakai?

SPF (sun protection factor) dengan angka yang tertulis pada kemasan botol sunscreen berarti penentu seberapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar sinar UVB selama memakai produk tersebut.

Normalnya kulit kita terbakar matahari tanpa pelindung apapun sekitar 15 menit. Dengan memakai sunscreen memperpanjang daya tahan kulit terhadap sinar UVB. Misalnya kamu menggunakan sunscreen SPF 30 secara tepat, maka kulit akan terlindungi dari sinar UVB hingga 30 kali lebih panjang.

Baca juga: 4 Tips Memilih Sunscreen yang Nyaman di Kulit Kepala & Rambut

| shutterstock

Angka SPF berbeda-beda, sebaiknya SPF berapa yang kamu pakai? Ini penjelasannya dilansir dari prevention.com.

  • SPF 15 menahan 93 persen sinar UVB
  • SPF 30 menahan 97 persen sinar UVB
  • SPF 50 menahan 98 persen sinar UVB
  • SPF 100 menahan 99 persen sinar UVB

“SPF 30 dan SPF 50 memberikan proteksi yang hampir sama, namun hasilnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jika kulitmu lebih mudah terbakar dan berencana berpanas-panasan seharian, lebih baik gunakan SPF yang tinggi,” saran Dendy Engelman, MD, dermatologis Medical Dermatology & Cosmetic Surgery di New York.

Baca juga: Anak Juga Perlu Sunscreen, Ini Tips Memilih dan Rekomendasinya

Namun, perlu disadari bahwa SPF tinggi saja tidak cukup. Bahkan kamu memakai SPF 100 pun harus tetap mengoles ulang ke seluruh tubuh setiap dua jam, dan segera setelah berenang atau berkeringat. “Perhatikan juga sunscreen yang kamu pilih termasuk broad spectrum sehingga bisa memproteksi sinar UVA dan UVB,” papar Engelman.

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi