You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

6 Penyakit Yang Bisa Dicegah Dengan Mencuci Tangan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 1 Mei 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kebiasaan mencuci tangan bisa mencegah kita dari ancaman berbagai penyakit, 6 di antaranya seperti di bawah ini.

 

1. Flu

Meski terlihat ringan, penyakit ini juga mematikan, baik bagi anak-anak maupun orangtua. Selain mendapat kekebalan dari imunisasi, pencegahan juga bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan, khususnya jika tanpa sadar kita terpapar oleh virus flu.

2. Mata merah

Mata gatal dan belekan merupakan gejala mata merah atau conjunctivitis. Biasanya ini diawali ketika kita menggosok-gosok mata yang terasa tak nyaman dengan tangan yang sudah terpapar virus atau bakteri penyebab mata merah. Virus atau bakteri bisa bertahan berjam-jam bahkan berhari-hari. Mencuci tangan bisa mencegah kita dari terpapar virus penyebab mata merah.

Baca juga: Vaksin Sebabkan Autisme? Ini 6 Mitos Keliru Tentang Imunisasi

3. Sakit perut akibat Salmonella

Alasan lain kenapa kita harus sering-sering mencuci tangan adalah karena bakteri salmonella yang menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti diare. Bakteri ini biasanya terpapar melalui makanan yang masih mentah (daging, telur) atau makanan yang belum dicuci berish (buah dan sayuran).

4. Penyakit tangan, kaki dan mulut

Penyakit ini merupakan infeksi virus yang sangat menular dan banyak menyerang anak balita. Gejalanya antara lain demam, luka lepuh pada mulut, ruam atau bintik merah pada tangan dan kaki, serta tidak nafsu makan. Penyebab penyakit tangan, kaki, dan mulut adalah virus Coxsackie yang ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita.

| SHUTTERSTOCK
 5. Penyakit akibat Cytomegalovirus (CMV)

Virus ini merupakan alasan kenapa rajin mencuci tangan sangat penting bagi ibu hamil. CMV merupakan jenis virus herpes yang rentan menginfeksi ibu hamil. Infeksi dapat ditularkan melalui cairan tubuh penderita seperti air ludah, darah, atau urine. Ibu hamil yang terinfeksi virus CMV aktif dapat menularkan virus ini pada janinnya.

6. Hepatitis A

Meski tidak menyebabkan penyakit liver kronis seperti halnya Hepatitis B dan C, penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis A ini akan mengganggu kerja organ hati dan dapat menular dengan mudah melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro