It takes a great deal of courage to stand up to your enemies, but even more to stand up to your friends.
J.K. Rowling

7 Cara Orang Kaya Membangun Kekayaan

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 30 April 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 Rasanya, semua orang pengin menjadi kaya. Tapi, yang juga penting adalah bagaimana menjaga kekayaan atau bisnis supaya teta berjalan dan menghasilkan keuntungan.Orang-orang kaya memiliki kebiasaan dan prinsipyang membantu mereka untuk sukses dan bertahan. Berikut 7 prinsip dan kebiasaan orang-orang kaya yang bisa ditiru.

 

1. Memiliki mindset tentang uang

Orang kaya biasanya sangat kreatif jika ditanya soal menjalankan bisnis dan bagaimana mencari uang. Mereka memiliki mindset dan pandangan tersendiri tentang uang, termasuk bagaimana mengembangkan dan mempertahankan keberhasilan keuangan mereka. Ini membuat mereka bisa lebih fokus melihat peluang yang datang.

2. Menjaga networking

Orang kaya paham pentingnya bergaul dengan orang-orang sukses. Mereka akan meluangkan waktu untuk membangun dan merawat networking dengan orang-orang yang,  tak hanya kaya, tetapi juga punya passion, semangat, bakat, dan berpotensi untuk sukses. Ini merupakan investasi yang sangat bermanfaat supaya mereka bisa fokus dan wawasan meningkat.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Membangun Bisnis Dengan Bootstrapping

3. Keluar dari zona nyaman

Orang kaya belajar bahwa kesuksesan akan datang kepada orang-orang yang sudah pernah gagal dan bangkit. Caranya adalah dengan memaksa diri untuk keluar dari zona nyaman. Mereka juga harus punya kreativitas, ide bisnis yang unik, dan berani melakukan action.

4. Banyak sumber penghasilan

Semakin banyak uang yang kita miiki, semakin mudah pula kita mendapatkan uang. Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk memperoleh uang adalah memiliki beberapa sumber penghasilan. Uang yang masuk kemudian diputar lagi untuk mendapat pemasukan yang lain lagi, begitu seterusnya.

5. Uang bekerja untuk mereka

Orang kaya tidak bekerja untuk uang, tetapi uanglah yang bekerja untuk mereka. Mereka tahu bahwa investasi merupakan kunci untuk mengembangkan keuangan mereka. Menabung penting, tetapi investasi bisa membantu mendongkrak kekayaan.

| SHUTTERSTOCK
 6. Memperhitungkan resiko

Orang kaya sangat berhitung soal resiko. Mereka akan membuat riset dan analisa, kemudian menentukan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan keuangan dan kondisi bisnis mereka. Pertanyaan kunci yang selalu mereka tanyakan adalah, “Apakah ini akan membawa saya lebih dekat ke tujuan?”

7. Menghindari pengeluaran berlebihan

Orang kebanyakan mungkin bermimpi punya banyak uang lalu menghabiskannya untuk membeli atau melakukan hal-hal mewah. Orang kaya tidak. Mereka tahu bahwa pengeluaran berlebihan dan tak perlu bisa membuat mereka bangkrut. Tak peduli berapa yang diperoleh, pasti akan habis jika pengeluaran melebihi pemasukan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro