The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Belanja Cerdas Anti Boncos di Bulan Ramadan

author
Isna Triyono
Jumat, 3 Mei 2019 | 14:00 WIB
dok. INKE MARIS & ASSOCIATES |

Memasuki bulan Ramadan, financial planner Ligwina Hananto menyarankan untuk ibu-ibu kembali mensortir kebutuhan rumah tangga yang diperlukan.

“Memang jatah makan siang kita di kantor jadi utuh tapi kebutuhan di rumah tangga biasanya akan meningkat selama Ramadan. Tujuannya ya untuk memberikan yang terbaik bagi semua anggota keluarga,” kata Ligwina membuka pembicaraannya di acara Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group di Co Hive Plaza Kuningan, Kamis (2/5).

Baca juga: 7 Cara Orang Kaya Membangun Kekayaan

Karena bulan Ramadan selain kita menahan lapar dan haus, juga menahan napsu, termasuk napsu belanja. Karenanya, perempuan yang akrab disapa Wina ini menyarankan agar ibu-ibu pintar dalam berbelanja.

“Salah satunya memanfaatkan berbagai macam promo yang ditawarkan oleh supermarket. Kita jadi bisa lebih hemat,” kata Wina lagi.

Ia juga menambahkan, “Jangan setiap mau puasa, kita selalu ngeluh ‘wah biaya belanja jadi lebih banyak’. Kan Ramadan setiap tahun, harusnya sudah belajar dari tahun-tahun sebelumnya, harus prepare menyiapkan dana dari sebelum puasa. Jadi ketika ada promo diskon dari berbagai supermarket, kamu bisa manfaatkan dana yang sudah disiapkan tadi dan malah jadi lebih hemat, kan?”

Baca juga:  Pengin Sukses Sebagai Entrepreneur? Ikuti 3 Mantra Sukses Lady Gaga

Wina juga mengingatkan bahwa semua pengeluaran selama Ramadan, meski akan jauh lebih banyak karena ada tambahan biaya lifestyle untuk bukber di mal bareng teman-teman, semua diambil dari dana bulanan.

“Jadi prinsipnya, biaya selama bulan Ramadan diambil dari budget bulanan. Biaya tahunan seperti zakat, THR untuk ART, bingkisan untuk mertua, diambil dari dana tahunan, yaitu THR kita.”

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono