What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Ambil Benda Sambil Squat, Ini 8 Langkah Jaga Kesehatan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 8 Mei 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjaga kesehatan ternyata tak butuh waktu lama maupun peralatan yang mahal-mahal. Hal-hal sederhana pun bisa membantu menjaga kita tetap sehat, seperti 8 hal di bawah ini.

 

1. Squat sambil jongkok

Lakukan gerakan squat setiap kali jongkok mengambil sesuatu di lantai. Daripada membungkuk yang bisa menekan punggung bawah, lebih baik berjongkok karena akan memaksa kita menggunakan otot-otot kaki sekaligus melatihnya supaya kuat.

2. Latihan napas di traffic light

Saat menyetir mobil, setiap kali berhenti di lampu merah, kencangkan otot-otot perut dan pantat dengan jalan menahan napas selama beberapa saat. Lepaskan, lalu tahan napas lagi hingga traffic light menyala hijau. Jangan khawatir, tak ada orang yang bakal melihat, kok. Latihan ini akan mengencangkan otot-otot kaki dan perut sekaligus memperlancar peredaran darah.

Baca juga:  7 Kebiasaan Tak Sehat Pemicu Penyakit Jantung

3. Angkat sebelah kaki saat antre

Jenuh saat berdiri menunggu antrean? Lebih baik angkat sebelah kaki setinggi kira-kira 5 cm, tahan selama beberapa hitungan. Lakukan bergantian kaki kiri dan kaki kanan setiap 1 menit sekali. Gerakan ringan ini akan memperkuat otot-otot kaki, pergelangan kaki, paha, dan pantat.

4. Beri pelukan

Untuk mencegah stres, beri pelukan pada orang-orang tercinta, entah suami, anak, ibu, dan lainnya sebelum pergi beraktivitas. Studi menunjukkan bahwa langkah kecil ini ternyata bisa membantu mengurangi perasaan cemas dan stres sepanjang kita beraktivitas seharian.

5. Jangan malu untuk menangis

Tak usah malu untuk menangis. Menangis akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar hormon stres, menyisihkan depresi, serta membantu kita berpikir lebih jernih.

| SHUTTERSTOCK
6. Semprotkan lavender

Semprotkan pengharum ruangan beraroma lavender ke selimut atau bed cover. Studi menunjukkan bahwa aroma lavender membantu kita rileks sehingga tidur lebih nyenyak.

7. Ganti bantal

Ganti bantal dengan bantal baru yang permukaannya masih tebal dan rata. Ini akan membuat tidur kita lebih berkualitas dan mengurangi nyeri pada leher.

8. Segenggam walnut

Makan segenggam kacang walnut sebelum tidur. Kacang walnut kaya akan serat, asam lemak esensial, dan asam amino tryptophan yang membuat tidur lebih berkualitas.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro