Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you’re wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn’t love you anymore.
Lady Gaga

Tetap Mesra Di Bulan Puasa, Pilih Waktu dan Jaga Stamina

author
Hasto Prianggoro
Senin, 13 Mei 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Bolehkah suami istri melakukan hubungan intim selama bulan puasa? Boleh-boleh saja, kok, asal waktunya disesuaikan dan tidak mengganggu ibadah.

Bulan Ramadan merupakan kesempatan untuk mendulang pahala dan memperbanyak ibadah. Namun, bukan berarti hubungan intim dengan pasangan lantas terganggu. Berikut tips agar suami istri tetap bisa menjalin keintiman bersama pasangan di bulan puasa.


1. Pilih waktu

Pilih waktu yang tepat untuk bermesraan, misalnya usai salat Taraweh atau sebelum makan sahur. Mengingat waktu yang terbatas, ada baiknya tidak melakukan variasi hubungan intim yang berlebihan, lebih baik perbanyak romantisme maupun kemesraan. 

2. Atur pola makan

Agar tetap fit dan mampu menjalankan ritual intim suami istri, konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Saat berbuka puasa, pilih makanan yang mengandung aprodisia, yaitu jenis makanan yang mampu meningkatkan gairah seksual, dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Saat sahur, perbanyak makan sayur dan buah-buahan. 

Baca juga:  Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

3. Tetap berolahraga

Meskipun puasa, olahraga harus tetap rutin dilakukan. Pilih olahraga ringan, misalnya joging di sore hari menjelang berbuka untuk menjaga staina sehingga gairah seks tetap terjaga.

4. Cari aktivitas lain

Untuk mengatasi gairah yang muncul mendadak, sebaiknya cari aktivitas lain untuk mengalihkan hasrat berhubungan intim. Misalnya saja menyibukkan diri dengan pekerjaan atau hobi, olahraga, dan sebagainya.

5. Jalin komunikasi

Yang tak kalah penting, komunikasi dengan pasangan harus terjalin baik dan harmonis. Hindari memaksakan kehendak, khususnya jika pasangan sedang tidak mood untuk berhubungan intim.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro