If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

Tetangga Sebelah Ternyata Kakak Perempuan Yang "Hilang"

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 17 Mei 2019 | 16:00 WIB
| EBL News

Sejak kecil diadopsi, bertahun-tahun kemudian Hillary Harris menemukan kakak perempuannya ternyata tinggal bersebelahan sebagai tetangga.

 

Semenjak dirinya diadopsi ketika masih bayi, Hillary Harris (31) selalu bertanya-tanya siapakah saudara sedarahnya?

“Aku selalu pengin bertemu mereka,” katanya kepada CBS News. “Ini selalu mengganggu pikiranku. Aku yakin, suatu ketika nanti pasti ketemu,” lanjutnya. Dan, mimpi Hillary ternyata benar-benar menjadi kenyataan. Bahkan, yang tak pernah ia duga, ia bertemu kakak perempuannya yang ternyata tinggal bersebelahan rumah sebagai tetangga.

Baca juga: Ini, Lo, Developer Perempuan Tunarungu Pertama di Indonesia

Semuanya dimulai tahun 2012 ketika Hillary menerima dokumen adopsi dari Catholic Charities yang membuka identitas orangtua biologisnya. Ibunya bernama Bonnie Carl sementara sang ayah bernama Wayne Clouse.

“Dari dokumen itu aku juga tahu bahwa ayahku sudah meninggal tahun 2010 lalu,” ujar Hillary. “Dokumen itu juga menyertakan obituari sang ayah, dimana kutemukan bahwa saudara perempuanku, Dawn, berasal dari Greenwood, Wisconsin, dan dulu pernah jadi Queen pada Loyal Corn Festival di era 80-an.”

Lalu, di tahun 2017, seorang perempuan bernama Dawn Johnson pindah menempati rumah di samping rumah Hillary di Eau Claire, Wisconsin. Dawn berusia 50 tahun dan pindah dari Greenwood. Sementara Hillary mengaku “tetangga baru”nya itu sedikit tak ramah.

“Sepertinya ia tak mau kenal tetangga, setiap kali melihatku, ia langsung masuk rumah,” lanjut Hillary dalam wawancara “Inside Edition” CBS News. Tetapi, entah kenapa, Hillary meyakini bahwa tetangga barunya itu memiliki sesuatu, tak sekedar enggan bersosialisasi dengan tetangga.

| wisn.com
 Hillary dan suaminya, Lance, merencanakan menemui Dawn, lebih-lebih setelah mereka mengetahui bahwa Dawn sebelumnya tinggal di Greenwood. Simpul pengait hubungan mereka dengan Dawn memang belum ketemu, tetapi mereka yakin ada sesuatu dengan Dawn.

Ketika itu mereka juga belum tahu nama tetangga baru tersebut. Tak lama, Lance tahu bahwa nama sang tetanggga adalah Dawn.

“Dawn dari Greenwood?” tukas Hillary meyakinkan, yang kemudian diiyakan Lance.

Hillary pun segera mengeluarkan dokumen adopsinya dan menegaskan pada Lance, “Lihat, Dawn. Greenwood. Sister..,” yang langsung disambut respons Lance yang seolah menyadari ada hubungan di antara mereka dengan Dawn. “Wah, jangan-jangan…” katanya.

| washingtonpost.com
Beberapa bulan setelah tinggal di bilangan Eau Claire, Dawn menerima SMS dari Hillary yang menanyakan asal-usulnya, termasuk nama sang ayah. Dawn pun menduga-duga, “Apakah dia dan aku punya ayah yang sama?”

Dan akhirnya semuanya terungkap. Mereka memang memiliki ayah yang sama, yaitu Wayne Clouse. Mereka ternyata kakak beradik yang dipisahkan setelah Harris diadopsi. Tak pelak, begitu bertemu, keduanya bepelukan erat dan hangat. Air mata menitik dari kedua perempuan itu.

Dawn, kini tante dari putri dari Hillary, Stella (5), mengaku pertemuan itu mengubah hidupnya. Si Kecil Stella dan Tante Dawn, yang biasa dipanggil "Dawn-ald Duck" oleh Stella, menjadi sangat dekat. Tak ada hari tanpa ketemu, meskipun hanya lewat Facetime.

“Kami sedang mengukir kenangan baru...” kata Hillary.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro