Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Self-Love Agar Kita Lebih Mencintai Diri Sendiri

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 16 Mei 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kenapa self love penting? Karena self love akan membantu membangun rasa percaya diri sehingga kita bisa tampil lebih baik.

 

Banyak orang, perempuan khususnya, yang secara tidak sadar mengembangkan perasaan tidak suka pada dirinya sendiri. Mereka tidak pede dengan penampilan fisiknya, merasa terlalu gemuk, merasa hidungnya pesek, dan sebagainya.

Perilaku ini disebut dengan self hate atau self loathing. Ciri-cirinya antara lain nggak pede, sensitif, tidak suka melihat diri di cermin, bahkan enggan keluar rumah karena takut dianggap jelek oleh orang lain.

Baca juga: 6 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Awet Hubungan

“Self hate akan membuat orang tak percaya diri sehingga bisa memicu stres, cemas, depresi, bahkan memicu gangguan makan. Misalnya melakukan diet ketat sehingga malah mengganggu kesehatan atau berat badan turun drastis,” kata psikolog Anindita Citra, M.Psi., Psi.saat peluncuran buku In A Relationship with My Body, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Buku yang ditulis oleh 3 psikolog dari LightHOUSE Indonesia, yakni Anindita Citra, M.Psi., Naomi Tobing, M.Psi., dan Tara Thouars, M.Psi., Psi.ini menawarkan berbagai cara agar kita mencintai diri sediri atau self love.

Self love memang menjadi obat mujarab agar kita tidak menjadi self hate. Self love adalah bisa menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Tak hanya mampu menerima, tetapi juga mau mengapresiasi dan menumbuhkan rasa sayang terhadap diri sendiri sehingga mau mengusahakan yang terbaik untuk diri kita. Kalau kita tahu kekurangan kita tetapi tidak mengusahakan yang terbaik, berarti kita tidak sayang terhadap diri sendiri

| SHUTTERSTOCK
"Self love penting karena membantu mengubah perspektif kita dalam memandang dunia. Self love membuat kita mampu memandang segala sesuatunya secara lebih positif,” kata Tara de Thouars, M.Psi., Psi. pada kesempatan yang sama.

Bukan cuma melihat kekurangan diri sendiri, self love juga akan membantu kita melihat apa yang bisa kita kembangkan untuk diri sendiri supaya menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Misalnya, kita bisa menerima tubuh kita gemuk, tetapi sekaligus juga berusaha mencari cara untuk menurunkan berat badan.

Yang paling penting, self love akan membuat kita tampil lebih percaya diri dan mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik sehingga terhindar dari stres, rasa cemas, depresi, serta gangguan makan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro