In politics, if you want anything said, ask a man; if you want anything done, ask a woman.
Margaret Thatcher

Atasi Jerawat Hingga Bau badan, Ini 5 Tips Manfaatkan Cuka Apel Untuk Kecantikan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 15 Mei 2019 | 14:00 WIB
Cuka apel | SHUTTERSTOCK

Bukan hanya berkhasiat untuk beragam keluhan kesehatan, ternyata cuka apel (apple cider vinegar) bermanfaat untuk kecantikan.

1.Mengatasi Jerawat dan Komedo

Kandungan antibakterinya membuat cuka apel bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo, mengempiskan dan mencegah jerawat datang kembali.

Kelebihannya lagi, tidak seperti kebanyakan obat jerawat cuka apel tidak bikin kulitmu jadi kering dengan kandungan pelembap alaminya.

Campur 2 sendok makan cuka apel, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan tepung gandum murni. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan 20 menit. Bilas.

Baca juga: Atasi Komedo dan Jerawat Dengan Kentang Mentah, Ini 3 Caranya

  1. Menenangkan Sunburn

Sifat acid cuka apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit, sementara sifat antiinflamasinya menenangkan kulit yang iritasi, gatal, kemerahan, serta kulit terbakar matahari.

Kompres wajah dengan campuran ½ cangkir cuka apel dan 4 cangkir air matang. Ulang pemakaian 2-3 kali sehari.

Baca juga: 8 Obat Alami Untuk Kulit Terbakar Matahari

3.Menghilangkan Noda Hitam

Cuka apel mengandung alpha hydroxy acid (AHA) yang memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan noda hitam. Sedangkan bawang merah mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Campur 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok teh air perasan bawang merah. Aduk rata, lalu oleskan pada area kulit yang bermasalah. Diamkan hingga kering, bilas dengan air hangat.

4.Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Cuka apel dengan sifat acidnya bisa mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada tumit yang pecah-pecah tanpa membuatnya iritasi, sehingga sel-sel kulit baru terstimuli untuk tumbuh.

Campur 3 cangkir air dan 1 cangkir cuka apel. Rendam telapak kaki pada campuran tersebut selama 15 menit, lalu gosok perlahan dengan batu apung khusus untuk kaki.

7 Langkah Obati Telapak Kaki Pecah-pecah

Bau badan | SHUTTERSTOCK

5.Mengatasi Bau Badan

Sifat antibakterinya berguna juga untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada area kulit yang lembap, seperti ketiak dan melenyapkan bau badan.

Cukup campur 1 cangkir cuka apel pada air mandi kamu, dan berendamlah 10-15 menit. Kemudian mandi seperti biasa menggunakan air dingin.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi