There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

8 Obat Alami Untuk Kulit Terbakar Matahari

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 18 Januari 2019 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat berkegiatan di luar ruangan atau sedang berlibur menikmati keindahan alam, kamu lupa mengoles sunscreen dan akhirnya kulit pun terbakar.

Segera tangani dengan bahan-bahan alami yang bisa mengobati efek kulit terbakar matahari, seperti kulit kering, iritasi, bengkak, gatal, dan kemerahan.

Dikutip dari prevention.com, berikut ini 8 obat alami untuk kulit terbakar sinar matahari:

1.Mandi Air Dingin

Mandi air dingin akan lebih baik saat kulit terbakar matahari. Namun jangan gunakan sabun karena dapat membuat kulit terbakar bertambah kering dan teriritasi.

2.Baking Soda

Campur sedikit baking soda ke dalam air mandi untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal. Dermatologis Frederic Haberman, MD dari Haberman Dermatology & Cosmetic Center New York juga menyarankan untuk membiarkan bagian kulit yang terbakar mengering sendiri setelah mandi dan tidak mengelapnya dengan handuk.

3.Cuka Apel

Kamu juga bisa menambahkan 1 cangkir cuka apel dan cuka putih ke dalam bak mandi untuk mengurangi efek perih kulit yang terbakar. Cuka merupakan astringent yang baik dan mengandung zat antiseptik.

4.Oatmeal

Ternyata menambahkan oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air dingin bisa mengurangi pembengkakan dan rasa gatal. Berendamlah selama 20 menit.

Baca juga: Scrub Oatmeal untuk Siku dan Tangan Halus

SHUTTERSTOCK |

5.Es Batu

Bungkus es batu dengan kain dan kompres bagian terbakar. Rasa dinginnya akan menyerap panas kulit, melancarkan peredaran darah dan mengurangi bengkak. Lakukan beberapa kali sehari masing-masing selama 15 menit.

Baca juga: Es Batu, Salah Satu Cara Cepat Kempiskan Jerawat

6.Teh

Tannic acid di dalam teh hijau dan teh hitam membantu menarik panas dari luka bakar, sedangkan antioksidan catechins-nya memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Jika kulit seputar area mata kamu terbakar, cocok dikompres dengan dua kantong teh celup yang sudah direndam dalam air dingin.

7.Aloe Vera

Lidah buaya ini ampuh menyembuhkan iritasi dan luka bakar. Cukup gunakan gelnya yang terasa lembut dan dingin di kulit.

8.Buah dan Sayur Kaya Air

Untuk mengatasi efek kekeringan akibat terbakar sinar matahari, tubuh kamu butuh asupan air. Kamu bisa mendapatkannya dari beragam buah dan sayur yang kaya air, seperti semangka, melon, mentimun, stroberi, tomat, anggur.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi