Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Waspadai 4 Tanda Skincare Kamu Justru Merusak Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 17 Januari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bahkan setelah membaca ratusan review produk dan paham kondisi kulit sendiri, kamu bisa saja salah membeli skincare sehingga merusak kulit. Waspadai 4 tandanya, ya.

Beragam produk skincare yang menawarkan segudang manfaat tentu bikin kamu penasaran untuk mencoba. Namun setelah mencoba, ada tanda-tanda yang harus kamu waspadai karena justru bisa merusak kulit.

Menurut dermatologis Marguerite Germain, MD ada 4 tanda yang harus diperhatikan, yaitu:

Jika kulit kamu mengalami pembengkakan tiba-tiba, kemerahan, dan gatal

Alergi akibat pemakaian skincare biasanya disebabkan oleh kandungan wewangian dan bahan pengawet. “Dua hal inilah yang menyebabkan kulit membengkak, kemerahan, dan gatal,” papar Germain.

Sayangnya, reaksi alergi ini bisa berlangsung cukup lama. Oleh karena itu, Germain menyarankan untuk memilih skincare dengan kandungan hypoallergenic.

Baca juga: Mau Coba Masker Kunyit Priyanka Chopra? Ini Resepnya

Jika kulit kamu menjadi kering dan mengelupas

Kandungan sabun bisa menyebabkan kulit kering dan mengelupas. “Jadi lebih baik gunakan pembersih yang tidak mengandung sabun,” saran Germain.

SHUTTERSTOCK |

Jika kulit kamu jadi berjerawat, pori-pori membesar, dan muncul milia

Beberapa produk skincare mengandung bahan yang bisa menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak meningkat, pori-pori terlihat membesar karena terisi kotoran, lalu muncullah jerawat dan milia. Segera hentikan pemakaian sebelum kerusakan kulit meluas.

Baca juga: 8 Cara Ini Bisa Perkecil Tampilan Pori-pori Kulit Wajah

Jika kulit kamu menjadi lebih sensitif

Tiba-tiba kulit wajah menjadi kemerahan (rosacea), pembuluh darah tampak jelas, dan terasa sensasi terbakar. Segera hentikan pemakaian  produk skincare kamu, ya. Menurut Germain, kandungan retinol yang tinggi pada sebuah produk skincare bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rosacea. Glylocic acid juga bisa membuat kulit lebih sensitif.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi