A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

6 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Awet Hubungan

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 28 Maret 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjalin hubungan bukanlah soal bagaimana dua individu menjadi satu, tetapi bagaimana dua individu bisa saling melengkapi. Enam kebiasaan berikut ini merupakan sinyal positif sehatnya sebuah hubungan.

 

1. Suka memberi pujian

Setiap perempuan pasti suka saat dipuji pasangannnya. Tetapi jika si Dia terus-terusan memberi pujian, rasanya malah berlebihan dan terkesan lebay. Namun, jika pujian diberikan secara tulus, kamu seharusnya bersyukur karena itu menunjukkan bahwa si Dia sangat memberi perhatian dan ini merupakan pertanda bagus bagi kelanjutan hubungan.

2. Pengin selalu dekat

Bahasa tubuh dan sentuhan fisik juga bisa menunjukkan seberapa nyaman hubunganmu dengan si Dia. Pelukan, sentuhan tangan dan gestur fisik lain merupakan tanda betapa si Dia ingin selalu berdekatan. Jika perilaku ini tetap dia lakukan meskipun hubungan sudah berjalan cukup lama, ini merupakan pertanda baik karena menunjukkan bahwa si Dia memang sangat perhatian dan ingin selalu dekat.

 

Baca juga: Jika Dibiarkan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Hubungan

 

3. Waktu buat diri sendiri

Apakah si Dia sesekali suka menghabiskan waktu sendiri? Jika ya, tak perlu khawatir. Justru ini merupakan pertanda bagus. Pasalnya, ini berarti si Dia memiliki kematangan emosi sehingga mampu memilah mana urusan pribadi dan mana urusan yang harus dikomunikasikan berdua. Begitupun sebaliknya, kamu pun sesekali butuh waktu untuk sendiri supaya emosi dan mental bisa seimbang.

4. Adu pendapat

Sepanjang dilakukan secara konstruktif, adu pendapat dalam sebuah hubungan cinta adalah hal wajar. Ini artinya kamu dan si Dia masing-masing bisa saling menghargai dan bebas mengutarakan apa yang ada di pikiran masing-masing demi kebaikan hubungan. Konflik memberi kesempatan untuk menegosiasikan hal-hal yang dirasa masih mengganjal hubungan. Solusinya haruslah diambil dengan niat demi kebaikan bersama.

| SHUTTERSTOCK
5. Menanyakan kondisi

Jika si Dia terus-terusan menanyakan keberadaan atau selalu mengecek aktivitasmu, bisa jadi si Dia termasuk orang yang suka mengontrol dan ini harus dibicarakan. Tetapi Jika si Dia hanya menanyakan kabar dan keadaan, tak ada yang perlu dikhawatirkan, bahkan kamu harus bersyukur. Ini artinya si Dia sangat memedulikan keadaanmu dan ini penting bagi kelangsungan hubungan.

6. Jujur satu sama lain 

Kejujuran merupakan pondasi sebuah hubungan cinta yang sehat dan kuat. Meskipun begitu, terkadang terlalu jujur juga bisa mengganggu hubungan, misalnya ketika si Dia dengan jujur menunjukkan kelemahan dan kekuranganmu. Sebaiknya komunikasikan sebuah bentuk komunikasi yang dilandasi kejujuran namun bisa membuat kamu dan si Dia sama-sama merasa nyaman.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro