I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

5 Tips Bikin Networking Untuk Milenial

author
Isna Triyono
Kamis, 28 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Punya networking yang luas bisa membantu mencari pekerjaan dan meningkatkan kariermu.

Mungkin dulu, dalam bayangan benak kita, yang namanya networking berarti hubungannya hanya sebatas pekerjaan, kaku, dan formal.

Untuk generasi milenial, membangun networking bisa lebih mudah dengan adanya media sosial. Dan biasanya suasana yang dibangun pun lebih cair, misalnya sambil makan siang bersama atau nongkrong di café.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Inverview

Nah buat kamu para milenial, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk bikin networking.

1. Di mana aja

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, networking yang dibangun generasi milenial hubungannya lebih cair. Jadi kamu bisa membangun networking di mana aja, enggak cuma saat meeting dengan klien atau main golf bareng.

Kamu bisa membangun networking sambil menunggu anak les, anak pulang sekolah, di acara budaya, pameran buku, dan acara kumpul-kumpul lainnya.

2. Bertemu Banyak Orang

Saat ini media sosial menjadi wadah paling favorit untuk membangun networking bagi generasi milenial. Terkadang mereka suka lupa bahwa bertemu secara langsung dengan banyak orang juga lebih menyenangkan.

Membangun networking di dunia nyata semudah kamu menyapa orang di lift, berkenalan dengan teman satu kelas yoga, atau saat ikut kursus.

SHUTTERSTOCK |

3. Manfaatkan Media Sosial

Setelah kamu bertemu secara langsung dengan orang baru, lanjutkan hubungan tersebut di media sosial. Hal ini lebih memudahkan kamu dan orang baru tadi untuk terus menjalanin hubungan baik, dibanding hanya secarik kartu nama yang mungkin bisa keselip dan hilang.

Saat sudah berteman di media sosial, jangan lupa untuk memberikan reaksi pada postingannya, bisa berupa tanda like atau meninggalkan komentar.

Baca juga: 5 Cara Membuat Bos Terkesan Tanpa Seperti ‘Menjilat’

4. Berteman Baik dengan Rekan Kerja

Bisa jadi, kamu akan pindah kantor. Begitu pula teman sekantormu saat ini. Menjalin hubungan pertemanan yang kuat dengan rekan kerja saat ini, bisa menciptakan peluang yang bagus untuk karier di masa datang.

Bisa aja mantan teman sekantormu saat ini menawarkan posisi yang lebih bagus di kantornya. Jadi, usahakan untuk bersenang-senang, makan siang bersama, hangout, atau menghadiri acara bersama.

5. Ulurkan Tangan

Jika kamu melihat peluang untuk merekomendasikan seseorang dalam networking untuk sebuah peluang karier, lakukanlah.

Menolong seseorang dalam networking bisa menjadi investasimu di kemudian hari untuk perjalanan kariermu. Jadi, jangan sungkan untuk mengulurkan tangan memberi bantuan pada orang lain.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono