I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

5 Cara Membuat Bos Terkesan Tanpa Seperti ‘Menjilat’

author
Isna Triyono
Senin, 18 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dalam dunia kerja, rasanya perlu untuk membuat bos terkesan dengan kinerja kamu. Membuat terkesan berbeda dengan menjilat ya.

Menjilat artinya kamu ingin nama dan reputasimu bagus di hadapan bos tapi tanpa kinerja dan prestasi apapun. Membuat terkesan, artinya kamu menonjolkan kelebihan dalam bekerja di hadapan bos.

Nah berikut ini cara membuat bos terkesan tanpa seperti menjilat.

Baca juga: 9 Hal Kecil Ini Bisa Menyeimbangkan Work-Life

1. Beri Laporan Progress Pekerjaan

Sering terjadi, seorang bos memberi tugas karyawannya dan lupa untuk menanyakan perkembangannya.

Sebaiknya kamu selalu berinisiatif untuk melaporkan segala perkembangan tugas yang sedang kamu kerjakan. Dengan begitu, bos akan merasa sangat terbantu dan memberi kesan kamu sungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

2. Responsif

Bersikaplah responsive ketika bos mengirim email atau atau pesan singkat, meski itu hanya berisi untuk mengingatkan tentang meeting atau pekerjaan.

Tanggapan sederhana seperti, ‘Baik atau ok’ sudah cukup membuat bos merasa bisa mengandalkanmu.

3. Bekerja Cerdas, Bukan Keras

Bukan jam kerja yang dipedulikan bos, tetapi hasil dari pekerjaan yang akan dinilai bos. Oleh karena itu, buatlah persiapan yang matang dan perhitungan untuk plan B. Hal itu akan memangkas waktu yang diperlukan untk suatu pekerjaan.

4. Jangan Berbagi Masalah Personal

Mungkin kamu akrab dengan bos karena sering makan siang bareng. Tapi bukan berarti bos suka mendengarkan masalah personal kamu.

Baca juga: Kekinian, Ini 5 Kelebihan Kerja di Startup

Biarkan hubungan baik dan hangat dengan bos sebatas profesionalisme aja. Misalnya jika kamu terlambat ke kantor, cukup beri alasan ada masalah dengan mobil. Kamu enggak harus cerita soal kehabisan bensin karena enggak punya uang untuk membelinya.

5. Penuh Ide

Tidak ada cara ampuh lain untuk membuat bos terkesan, selain selalu punya ide untuk kemajuan tim kerja. Kamu bisa mendapat ide baru dari melihat sekitar lingkungan kerja dan progress dari proyek yang sedang digarap.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono