If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Tubuh Kekurangan Vitamin D

author
Hasto Prianggoro
Senin, 20 Mei 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Rasa lelah berlebih tak boleh diabaikan. Bisa jadi penyebabnya karena tubuh kekurangan Vitamin D.

 

Kecukupan Vitamin D sangat penting bagi kesehatan secara umum. Vitamin D memiliki peran vital antara lain membantu menjaga kesehatan otot, tulang, dan gigi. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Kekurangan Vitamin D bisa menyebabkan komplikasi serius termasuk osteomalacia(sejenis kelainan pada tulang), penyakit ricket, dan deformitas (cacat atau kelainan bentuk).

Salah satu gejala kekuarangan Vitamin D adalah rasa lelah yang berlebihan. Selain karena kekurangan Vitamin D, kelelahan juga bisa muncul karena tubuh terlalu capek akibat bekerja atau karena kurang tidur. Tubuh tetap merasa lelah meskipun sudah cukup tidur, apalagi jika disertai otot melemah dan nyeri kronis.

Baca juga: Penderita Penyakit Ini Boleh Puasa, Asal...

Rasa lelah berlebihan merupakan alasan terbesar seseorang berkunjung ke dokter. Namun, selain karena kekurangan Vitamin D, rasa lelah ini juga bisa disebabkan oleh stres, faktor emosional atau akibat rasa cemas. Selain rasa lelah, gejala kekurangan Vitamin D yang lain  misalnya sering sakit tanpa sebab dan muncul rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Kekurangan Vitamin D terjadi ketika seseorang tidak mengonsumsi cukup Vitamin D atau tubuhnya tidak mampu menyerap Vitamin D. Namun, tidak semua orang yang mengalami kekurangan Vitamin D menunjukkan gejala serupa. Bisa juga selama bertahun-tahun mereka tidak mengalami gejala- gejala seperti di atas.

| SHUTTERSTOCK
Gejala-gejala kekurangan Vimain D bisa tidak jelas, berubah, atau mirip dengan gejala penyakit-penyakit lain. Itu sebab perlu pemeriksaan dan pemeriksaan laboratorium bila dipelukan. Jika muncul gejala-gejala seperti di atas atau muncul gangguan kesehatan yang tidak jelas maupun merasa kekurangan nutrisi, sebaiknya hubungi dokter. Dokter bisa meminta dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengecek apakah memang mengalami kekurangan Vitamin D atau tidak.

Rasa lelah berlebihan merupakan alasan terbesar seseorang berkunjung ke dokter. Namun, selain karena kekurangan Vitamin D, rasa lelah ini juga bisa disebabkan oleh stres, faktor emosional atau akibat rasa cemas. Untuk mencukupi kebutuhan Vitamin D, sumber alami terdapat pada sinar matahari. Selain itu, Vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan seperti minyak ikan, telur, jamur, serta suplemen

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro