The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Tips Hindari Bayi Dicium Orang Lain Saat Lebaran

author
Isna Triyono
Senin, 27 Mei 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Masih ingat kan kisah viral seorang bapak tentang bayinya yang terkena herpes usai menghadiri resepsi pernikahan?

Di sana, banyak teman yang gemas melihat bayi tersebut dan enggak tahan untuk mencium dan memegang pipinya. Pulang dari sana, pipi bayi lecet kemerahan dan demam. Begitu dicek ke dokter, bayi tertular herpes, penyakit menular yang disebabkan oleh virus akibat kontak langsung dengan penderitanya.

Nah, belajar dari pengalaman tadi, kamu juga sebaiknya menghindari bayi kontak langsung dengan orang lain. Apalagi saat Lebaran, di mana semua keluarga besar berkumpul dan bersilaturaahmi. Pasti banyak saudara yang gemas dengan bayimu.

Baca juga: List Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Mudik Bareng Bayi

Berikut tips hindari bayi dicium orang lain saat Lebaran.

1. Harus Tegas

Sebagai orangtua kamu harus tegas demi kesehatan dan keselamatan bayi. Jika melihat ada yang ingin memegang atau mencium, tanyakan apakah ia sedang sakit.

Jika iya, sebaiknya katakan dengan tegas namun tetap sopan bahwa bayimu masih rentan, khawatir tertular jadi sebaiknya jangan dipegang atau dicium dulu.

2. Taruh di Kamar

Sebagai tuan rumah, jika tidak terlalu perlu, sebaiknya taruh bayi di dalam kamar. Jika ada yang menanyakan, bilang bayi baru saja tidur. Tamu biasanya akan mengerti kok.

Namun jika kamu bertamu ke rumah kerabat, sebaiknya dekap erat bayi agar siapapun yang ingin memegang atau mencium bisa kamu seleksi terlebih dahulu. Kamu bisa bergantian menggendong bayi dengan suami atau baby sitter.

Baca juga: Yang Harus Diketahui Tentang Ubun-Ubun Bayi

SHUTTERSTOCK |

3. Aturan ‘Tertulis’

Jika bayi memang harus dibawa ke tengah keluarga, letakkan di bouncher. Lalu tempel tulisan ‘Don’t kiss or don't touch me please… aku masih rentan’. Atau ‘lihat boleh, pegang jangan’. Tulisan-tulisan bernada becanda ini ampuh membuat tamu berpikir dua kali jika ingin memegang atau mencium bayi.

4. Selalu Cuci Tangan

Jika memang kerabat yang ingin menggendong atau mencium bayi orang yang dituakan, selain memastika ia dalam kondisi sehat, pastikan juga sudah mencuci tangan. Kebiasaan mencucui tangan sebelum memegang bayi berlaku untuk semua orang, termasuk kedua orangtuanya ya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono